youngster.id - Popularitas Clubhouse telah menyebabkan tren yang lebih besar di mana aplikasi audio sosial yang kompetitif bermunculan di seluruh dunia. Bahkan Facebook dikabarkan mulai membangun produk obrolan audio, yang ditujukan untuk menyaingi Clubhouse.
Lexi Sydow, analis perusahaan analitik App Annie menyebutkan, aplikasi Clubhouse yang merupakan jejaring sosial obrolan audio, tercatat telah diunduh 4,6 juta kali dalam dua pekan.
“Pada 1 Februari, aplikasi ini memiliki lebih dari 3,5 juta unduhan global dan 8,1 juta pada 16 Februari 2021, dan dengan cepat menarik perhatian di Inggris, Jerman, Jepang, Brasil, dan Turki,” ujar Lexi Sydow, dalam situs resmi App Annie pada Minggu (21/2/2021).
Menurut Sydow, popularitas Clubhouse disebabkan penampilan dari tokoh-tokoh terkenal pada bulan Februari, seperti Elon Musk dan Mark Zuckerberg pada aplikasi tersebut. Penggunanya pun melejit hingga kini melampaui 2,6 juta unduhan di Amerika Serikat (AS) saja.
Popularitas Clubhouse telah menyebabkan tren yang lebih besar di mana aplikasi audio sosial yang kompetitif bermunculan di seluruh dunia. Facebook dikabarkan mulai membangun produk obrolan audio, yang ditujukan untuk menyaingi Clubhouse. Demiian juga Quilt, aplikasi sosial audio yang berfokus pada kesehatan dan komunitas, baru saja mengumumkan investasi senilai US$ 3,5 juta.
Secara global, aplikasi obrolan audio sebenarnya telah banyak tersedia. Aplikasi seperti Dizhua (174.000 unduhan), Tiya (6 juta unduhan) dan Yalla (34,5 juta unduhan) telah menarik pengguna di sejumlah negara, termasuk Tiongkok, AS dan Mesir serta Arab Saudi dan Turki.
STEVY WIDIA
Discussion about this post