youngster.id - Digitalisasi telah mengubah cara generasi muda berinteraksi dengan dunia investasi, dengan media sosial dan aplikasi menjadi sumber utama. Data terbaru dari Kustodian Sentral Efek Indonesia menunjukkan hampir 80% investor pasar modal Indonesia berasal dari Milenial dan Gen Z, mencerminkan potensi besar segmen ini.
Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investor pasar modal di Indonesia didominasi oleh generasi muda dengan 55,07% investor berasal dari usia di bawah 30 tahun. Kelompok usia 31–40 tahun menyumbang 24,27%, diikuti usia 41–50 tahun sebesar 11,96%, usia 51–60 tahun sebesar 5,72%, dan usia di atas 60 tahun sebesar 2,98%.
Sementara itu, Bursa Efek Indonesia mencatat pencapaian pasar modal Indonesia yang terus menunjukkan pertumbuhan signifikan. Sepanjang 2024 hingga 9 Agustus, rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) mencapai Rp11,8 triliun, mencerminkan tingginya minat dan aktivitas investor muda.
Meski demikian, generasi Milenial dan Gen Z masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya akses ke informasi edukasi berkualitas, minimnya pengetahuan dasar tentang investasi, serta skeptisisme terhadap teknologi digital.
Menjawab tantangan ini, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) menghadirkan aplikasi BRIGHTS yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan investor muda. Dengan konsep fun & easy, BRIGHTS membuka peluang investasi yang inklusif dan memungkinkan generasi muda, baik pemula maupun berpengalaman, untuk memulai perjalanan investasi dengan percaya diri.
Fifi Virgantria, Direktur Retail & Information Technology BRI Danareksa Sekuritas menjelaskan, generasi muda, khususnya Millennial dan Gen Z, semakin sadar akan pentingnya investasi untuk masa depan, dan mulai beralih dari menabung konvensional ke instrumen investasi seperti saham, reksa dana, dan obligasi.
“Dengan BRIGHTS, BRI Danareksa Sekuritas memudahkan kalangan muda memulai perjalanan investasi mereka dengan percaya diri. Strategi digital marketing kami berfokus pada memahami kebutuhan mereka, menghadirkan solusi inovatif, dan meluncurkan program edukasi yang berdampak. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memperluas akses investasi yang inklusif dan relevan bagi generasi muda,” kata Fifi, Rabu (4/12/2024).
Kampanye digital inovatif dari BRI Danareksa Sekuritas dalam memperkenalkan aplikasi investasi BRIGHTS telah melalui berbagai tahapan, dengan fokus pada dampak positif untuk investor ritel dan komunitas, termasuk melalui media sosial dan Telegram untuk memberikan edukasi mengenai literasi keuangan, serta membangun komunitas investor.
Keberhasilan BRI Danareksa Sekuritas dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan penjualan secara berkelanjutan, serta penguatan platform online dan literasi keuangan, diakui dengan diraihnya penghargaan Indonesia Digital Marketing Champions 2024 dari SWA dan Business Digest.
HENNI S.
Discussion about this post