Aplikasi “Malaikat Penjaga” Keamanan Anak

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Kondisi keamanan anak menjadi perhatian utama orang tua. Terutama bagaimana keadaan mereka diluar pengawasan orang tua. Apalagi jika sang anak memiliki kebutuhan khusus, seperti autism. Kini kekhawatiran itu bisa dikurangi dengan aplikasi dan pelacak GPS AngelSense.

Aplikasi dan perangkat pelacak GPS ini dapat menginformasikan keberadaan anak-anak kepada orang tua. Melalui fitur ini, orangtua bisa mendapatkan notifikasi mengenai lokasi anak-anak mereka, juga, dilengkapi dengan data berapa lama anak-anak bisa pergi dan sampai di lokasi tertentu.

Seperti dikutip dari Mashable, baru-baru ini, GPS dan sistem tracking AngelSense dikembangkan oleh orangtua yang memiliki anak dengan autisme, yakni Doron Somer dan Nery Ben-Azer. Keduanya berkeinginan mendapatkan cara yang lebih baik guna mengetahui keberadaan anaknya di manapun mereka berada.

Pelacak GPS yang dapat digunakan ini berukuran kecil dengan bentuk persegi panjang serta memiliki sensor berukuran kotak kecil sehingga muat untuk dikantungi atau disematkan di pakaian menggunakan pembuka magnet.

Pada prinsipnya, aplikasi ini mengumpulkan data lokasi setiap 10 detik dan mampu mengirimkan pemberitahuan kepada orangtua jika pelacak GPS si anak bergerak. Pada perangkat ini juga dilengkapi dengan mikrofon, sehingga orangtua bisa mendengarkan situasi tempat si anak berada. Berdasarkan laman AngelSense, baterai alat ini bisa bertahan selama 12 hingga 14 jam.

Dengan satu klik, orangtua bisa mengirimkan pesan ke daftar kontak untuk mengabarkan detail informasi tentang lokasi anak yang terhubung dengan Google Street View dan petunjuk untuk mencapai ke sana. Bahkan AngelSense telah menambahkan fitur yang bisa digunakan dalam situasi darurat, yakni First Responder Alert.

 

STEVY WIDIA