Aplikasi Mitros Bantu Tingkatkan Penghasilan UMKM

Aplikasi Mitros

Sebagai upaya turut membantu UKM meningkatkan penghasilannya, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) berinisiatif mengembangkan aplikasi Mitra Binaan Online Store (Mitros) bagi ratusan UMKM lokal di wilayah sekitar Perusahaan. (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Saat ini, teknologi digital memiliki peran penting dalam membantu kehidupan manusia, termasuk dalan membantu para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal untuk naik kelas.

Sebagai upaya turut membantu UMKM meningkatkan penghasilannya, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) berinisiatif mengembangkan aplikasi Mitra Binaan Online Store (Mitros) bagi ratusan UMKM lokal di wilayah sekitar Perusahaan.

“PKT melihat percepatan adopsi teknologi akan mampu memberikan dampak positif bagi keberlangsungan UMKM, terlebih di tengah kontraksi ekonomi saat ini. Selain itu, berbekal kemampuan dan pengalaman dalam bertransformasi digital, kami mengajak para UMKM lokal untuk mampu memanfaatkan teknologi digital secara fasih. Melalui kehadiran Mitros yang dirancang untuk mempermudah adopsi teknologi oleh UMKM lokal, kami berharap dampak positif yang kami rasakan juga dapat dirasakan oleh UMKM,” jelas Rahmad Pribadi, Direktur Utama PKT dalam siaran pers-nya Senin (9/8/2021).

Menurut Rahmad, kehadiran aplikasi Mitros diharapkan semakin membantu UMKM lokal untuk go digital dan menjangkau pasar yang lebih luas lewat adopsi teknologi secara berkelanjutan. Melalui kehadiran aplikasi inovatif tersebut, tercatat ratusan UMKM lokal di wilayah Kaltim berhasil meningkatkan penghasilan disaat masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, melalui aplikasi Mitros ini memungkinkan pelaku UMKM lokal menjual produk secara online, dengan berbagai kategori dari mulai Mitra Food (warung, cafe, restoran), Mitra Mart (minimarket, toko), Mitra Med (apotek), hingga pelayanan jasa seperti Mitra Express (ojek, kirim barang) dan Mitra Clean (cuci mobil, laundri).

Selain itu, terdapat juga fitur “Event” yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk mempromosikan produknya secara bersamaan secara virtual. Hingga kini, sudah ada 148 pelaku UMKM yang bergabung dalam aplikasi tersebut. Adapun para pelaku UMKM tersebut tidak hanya dikhususkan bagi Mitra Binaan PKT saja, tetapi juga pelaku UMKM lokal di Bontang.

Dari sisi pembayaran, pembeli turut diberi kemudahan karena beberapa metode yang ditawarkan, yakni sistem transfer, dan Cash on Delivery (CoD). Adapun beberapa pilihan pengiriman di antaranya melalui take away atau pengambilan langsung. Untuk menggunakannya, baik penjual maupun pembeli dapat mengunduh Mitros secara bebas melalui layanan Google Playstore. Nantinya, penjual yang ingin mendaftarkan tokonya terlebih dahulu perlu mengakses contact form pendaftaran melalui aplikasi.

Jika dinilai memenuhi persyaratan, calon pelapak akan langsung mendapat akses untuk menawarkan produk. “Ke depan kami akan terus memberikan inovasi terbaik yang tidak hanya berguna bagi Perusahaan, namun juga masyarakat sekitar,” pungkas Rahmad.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version