Aplikasi TikTok Salip Facebook Paling Banyak Diunduh di Dunia

Aplikasi Tik Tok. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Platform video pendek makin menarik perhatian dunia, terutama milenial. Terbukti, aplikasi TikTok menyalip Facebook dan Messenger dengan menempati posisi kedua yang paling banyak diunduh di dunia pada 2019.

Berdasarkan riset Sensor Tower aplikasi yang dioperasikan oleh Bytedance itu diunduh 740 juta kali sepanjang tahun lalu. Jumlah unduhan aplikasi TikTok di iOS dan Android mengungguli Facebook dan Messenger. Padahal, aplikasi milik grup Facebook menempati posisi pertama hingga keempat pada 2017. Namun, TikTok mulai menggeser posisi Instagram sejak 2018.

TikTok dikenal dengan nama Douyin berada dibawah WhatsApp yang menempati posisi pertama aplikasi yang paling banyak diunduh pada 2019..

Sementara itu, Analis Firma Riset Pasar Teknologi Forrester Meenakshi Tiwari mengatakan, platform lain mulai merambah layanan video pendek. “Video pendek dipopulerkan oleh TikTok, tetapi platform jejaring sosial yang lebih besar seperti Facebook dan Instagram menyadarinya dan tengah melakukan sesuatu hal terkait itu,” katanya dikutip dari Tech In Asia.

Salah satu pesaing TikTok yakni Likee bahkan sudah diunduh 330 juta kali pada tahun lalu. Begitu juga Bigo. Aplikasi besutan perusahaan asal Singapura itu masuk 10 besar, melebihi SHAREit dan YouTube. Instagram pun meluncurkan aplikasi serupa, yaitu Reels.

Bersaing dengan Instagram, TikTok merilis dua fitur untuk berbelanja di platform mereka. Salah satunya fitur tautan ke situs e-commerce di biografi profil. Layanan ini mirip Instagram pada bagian profil, di mana pengguna lainnya bisa membuka tautan itu dan langsung masuk ke situs terkait.

Selain itu, tersedia fitur yang memungkinkan pemilik akun mengarahkan pengguna atau pengikutnya ke situs e-commerce. Dengan begitu, calon pembelinya bisa langsung melihat toko online milik pengguna. Dari data tahun lalu, pangsa pasar paling banyak TikTok yaitu di Tiongkok. Selain Tiongkok, India merupakan pasar utama TikTok.

Di India aplikasi media sosial itu diunduh 466,8 juta kali di App Store dan Google Play Store. Pangsa pasar terbesar ketiga TikTok yakni Amerika Serikat (AS) dengan jumlah unduhan 123,8 juta.

STEVY WIDIA

Exit mobile version