Aplikasi Turn Back Hoax Siap Berantas Berita Fitnah

Belakangan ini banyak berita palsu (hoax) beredar di internet. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

youngster.id - Masyarakat Anti Fitnah Indonesia mengembangkan aplikasi Turn Back Hoax. Aplikasi berbasis crowdsource ini dirancang untuk mengumpulkan berbagai informasi fitnah dan hoax, baik itu halaman situs, pesan berantai, maupun gambar.

“Aplikasi Turn Back Hoax diharapkan bisa memudahkan publik untuk mencari berita hoax. Ini solusi yang kami tawarkan untuk mencegah penyebaran hoax. Siapa saja bisa melaporkan, jadi tidak sepihak,” kata Khairul Anshar, salah satu pengembang Turn Back Hoax, Kamis (22/12/2016) di Jakarta.

Pada akhirnya Turn Back Hoax diharapkan menjadi basis data (database) rujukan berita fitnah dan hoax.
Basis data tersebut dapat digunakan oleh masyarakat sebagai tempat rujukan untuk memverifikasi informasi yang diterima. Lebih lanjut, basis data tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan analisis seperti:

1. Mengetahui pola berita fitnah dan hoax
2. Pengelompokan topik-topik hoax
3. Orang atau kelompok yang diserang
4. Media yang digunakan
5. Serta berbagai fungsi lainnya.

Sebagaimana layaknya sebuah aplikasi crowdsource, Turn Back Hoax mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax yang tersebar luas melalui aplikasi tesebut.

Saat ini aplikasi Turn Back Hoax baru tersedia di Google Chrome extension. Dalam waktu dekat tim pengembang akan menyiapkan aplikasi Turn Back Hoax untuk Android dan IOS. Untuk mengakses Basis Data berita fitnah dan hoax, masyarakat bisa membuka data.turnbackhoax.id menggunakan peramban Safari, Chrome, dan Firefox.

Anda ingin menggunakan aplikasi ini? Sebagai pedoman cara penggunaan aplikasi Turn Back Hoax dapat dilihat di laman http://bit.ly/manual-tbh atau http://bit.ly/video-tbh.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version