Aplikasi XmartCities Manjakan Masyarakat Lombok

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), bekerjasama dengan PT XL Axiata Tbk (XL), mulai mengimplementasi kerjasama XmartCities Lombok dalam empat layanan digital yang baru. Keempat layanan tersebut adalah pemesanan pemakaman, pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan XLTunai, konten video dakwah bagi para ulama lokal, dan media komunikasi bagi panti asuhan.

Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Madji bersama Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan meresmikan keempat layanan digital tersebut di Mataram, Kamis (11/2).

“Keempat layanan digital yang kini bisa mulai dimanfaatkan oleh masyarakat ini akan mengantar Provinsi NTB menjadi salah satu provinsi yang terdepan dalam memanfaatkan solusi digital dalam mengatasi problem sosial masyarakat, termasuk dalam menerapkan e-goverment,” ujar Ongki Kurniawan, Direktur Digital Services XL. 

Reservasi Makam

Pada layanan pemesanan makam, melalui website dan aplikasi yang dimaksud, masyarakat akan bisa menemukan fitur yang membantu dalam memilih lokasi makam berdasarkan daerah, mengetahui lokasi makam yang statusnya kosong atau sudah terisi, juga memilih dan memesan makam langsung dari aplikasi. Selanjutnya, masyarakat juga bisa mengetahui status pemesanan apakah berhasil dipesan dan sudah terbayar, serta mencari lokasi makam berdasarkan nama jenazah.

Masyarakat Lombok di 5 wilayah bisa memesan lokasi pemakaman melalui website http://xmartcitylombok.com/ atau aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store. Dengan sarana digital ini memungkinkan masyarakat Lombok lebih mudah dalam mencari dan melakukan pemesanan lokasi pemakaman.

Kelima wilayah tersebut masing-masing adalah Kota Mataram meliputi daerah Karang Medain dan Bintaro, Kabupaten Lombok Barat di Demong Jempong dan Pemate, Lombok Tengah di Sengkerang dan Leneng Puah Raya, Lombok Timur di Selong dan Jero Waru, dan Lombok Utara di Nang Sebali Tanjung dan Karang Baru Pemenang. 

Media Dakwah

Selain reservasi makam, XL juga membantu para ulama Lombok dalam melakukan aktivitas dakwah melalui media digital. Melalui media dahwah online ini, para ulama akan bisa menyebarkan materi dakwah dalam format video kepada masyarakat NTB. Tentu saja, masyarakat di luar NTB juga bisa mengaksesnya dengan mudah, kapan saja dan di mana saja. Bahkan, juga bisa disimak berulang kali.

Para ulama memandang, materi dalam format video bisa menjadi sarana alternatif dakwah mengingat masyarakat juga suka menyimak pengajian secara audio visual. Video Dakwah tersebut kemudian akan distribusikan melalui saluran media jejaring sosial khusus video YouTube. Pemilihan saluran digital video ini tidak terlepas dari semakin memasyarakatnya saluran-saluran penyedia video digital pada masyarakat Lombok. Setidaknya ada 7 ulama yang akan secara rutin mengisi konten dakwah ini.

Website Panti Asuhan

Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Provinsi NTB dan XL juga meresmikan implementasi dari pembangunan website yang didedikasikan bagi kalangan panti asuhan di Lombok. Website ini akan bermanfaat untuk mempermudah proses sosialisasi kepada masyarakat luas mengenai kondisi dan kebutuhan setiap Panti Asuhan di daerah tersebut. Website ini sekaligus akan mempermudah masyarakat untuk bisa menyalurkan donasi kepada panti-panti tersebut.

Saat ini, sudah ada 20 panti asuhan yag mendaftar, dari sekitar 1500 jumlah panti asuhan yang ada di Lombok. Untuk pengembangan website ini, XL mendapatkan dukungan teknis secara penuh dari STIMIK Bumigora, Mataram.  

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

XL dan Pemerintah Provinsi NTB juga mulai mengimplementasikan kerjasama layanan XLTunai untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Kerjasama ini sudah ditandatangani pada awal Juni 2015 lalu. Melalui program ini, XL Tunai bisa menjawab kebutuhan Pemerintah Provinsi NTB untuk meningkatkan tingkat pembayaran pajak, sekaligus mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran. Ini sekaligus yang pertama di Indonesia untuk model kerjasama layanan seperti ini.

Dengan memanfaatkan XL Tunai, maka layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor akan lebih cepat dan efektif. Pada saat jatuh tempo pembayaran pajak, pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui XL Tunai.

Fasilitas inovatif ini sudah bisa dimanfaatkan masyarakat NTB. Selain itu sudah tersedia 1 loket untuk mencetak bukti pembayaran dan akan ditambahkan menjadi 6 loket yang tersebar di beberapa tempat di Mataram.

 

ANGGIE AJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA