Apple Hapus Aplikasi Penyedia Stiker WhatsApp

Whatsapp custom stickers. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sejak fitur stiker hadir di WhatsApp, banyak bermunculan aplikasi-aplikasi gratis untuk membuat stiker sendiri baik di Google Play Store maupun Apple App Store. Tetapi Apple kabarnya telah menghapus aplikasi pihak ketiga penyedia stiker WhatsApp dari App Store.

Menurut laporan WABetaInfo, Apple menghapus semua aplikasi WhatsApp Stickers dari App Store. Ada tiga alasan penghapusan ini yang dianggap telah melanggar pedoman Apple.

Pertama, Apple menganggap ada terlalu banyak aplikasi yang serupa. Kedua, menurut Apple, suatu aplikasi seharusnya tidak memperlukan aplikasi lain untuk menjalankan fungsinya. Terakhir, semua aplikasi WhatsApp Stickers memiliki desain yang sama.

Belakangan ini pengguna WhatsApp memang sedang menikmati hadirnya fitur stiker di aplikasi mereka. Banyak pengguna yang berkreasi membuat stiker dengan wajah sendiri, atau temannya untuk menambah variasi dalam pertukaran pesan.
Dan cara untuk melakukannya memang terbilang mudah. Pengguna cukup membuat gambar dengan format PNG, kemudian aplikasi stiker di WhatsApp akan memasukkannya ke WhatsApp secara otomatis apabila gambar itu sudah disimpan ke dalam ponselmu.

Baca juga :   Pucuk Cool Jam, Wadahi Kreativitas Musik Anak SMA

WhatsApp memang mendukung aplikasi pihak ketiga agar penggunanya bisa menambah deretan koleksi stikernya. Bahkan tidak seperti pesaingnya, WhatsApp memang memperbolehkan pengembang lain untuk membuat beragam stiker dari aplikasi pihak ketiga dan menambahkannya secara mudah ke platform mereka.

Telegram dan Line yang telah lebih dahulu memiliki fitur stiker di aplikasinya tidak memungkinkan pengguna untuk membuat dan menambahkan stikernya sendiri ke dalam aplikasi.

STEVY WIDIA