Apresiasi dan Penghargaan Untuk Kinerja Fintech

Startup Fintech

Total Pendanaan ke Startup Fintech di Asia Tenggara Turun 65% di Tahun 2023 (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Perusahaan financial technology (fintech) perlu diapresiasi karena telah mencatatkan kinerja positif dan menopang perekonomian di masa era Pandemi ini.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, fintech sudah memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional. Fintech mampu menyumbang kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 0,45% dan produk domestik bruto (PDB) sebesar lebih dari Rp 60 triliun.

Salah satu sektor fintech yang mendominasi adalah fintech P2P lending atau fintech lending. Penyaluran dana pinjaman juga terus meningkat. Dari data Otoritas Jasa Keuangan, total penyaluran pinjaman telah mencapai Rp272,4 triliun dari 104 penyelenggara. Total penerima mencapai 71 rekening dan 789 ribu rekening pemberi pinjaman.

Sepanjang 2021 sampai Oktober, fintech lending mampu menyalurkan pinjaman ke sektor produksi sebesar Rp 67 triliun atau mencapai 53,63% dari total penyaluran. Ini menunjukkan peningkatan penyaluran aktiva produktif dari tahun ke tahun semakin tinggi.

Untuk mengapresiasi kinerja fintech tersebut, Duniafintech.com kembali menggelar Duniafintech Awards untuk kedua kalinya. Acara tersebut akan dilaksanakan pada 18 Januari 2022.

“Perusahaan financial technology menjadi penopang di era digitalisasi. Bahkan, fintech juga mampu mengangkat perekonomian dan menyejahterakan masyarakat Indonesia di saat pandemi. Untuk itu mereka perlu diapresiasi dan diberi penghargaan,” kata Chief Editor, Survey and Research Duniafintech.com Gemal A.N. Panggabean, dalam keterangan tertulis Kamis (6/1/2022).

Gemal berharap, apresiasi ini juga mampu menciptakan semangat bagi pelaku usaha fintech serta menciptakan iklim usaha yang semakin baik dan juga sebagai ajang untuk meningkatkan edukasi serta dapat membuat masyarakat membedakan mana fintech berizin resmi dan mana pinjol ilegal.

Kali ini, Duniafintech Awards tidak hanya memberikan penghargaan kepada perusahaan pinjaman online resmi saja. Juga ada beberapa kategori lain, mengingat fintech tidak hanya sebatas pinjaman online atau P2P Lending saja. Salah satunya adalah kategori insurtech.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version