Asisten Google Kini Bisa Pesankan Anda Go-Jek

Google for Indonesia 2018. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Google terus mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Dalam acara Google For Indonesia 2018, perusahaan teknologi ini menghadirkan fitur Google Assitant yang memungkinkan pengguna terhubung otomatis dengan layanan Go-Jek.

Vice President of Engineering Google Assistant Scott Huffman menjelaskan, fitur ini akan memungkinkan pengguna memesan layanan Go-Ride tanpa membuka aplikasi Go-Jek, namun cukup mengaksesnya melalui fitur suara.

“Fokus asisten Google adalah penggunaan (more useful). Kali ini, (asisten Google) bisa otomatis dipakai untuk memesan Go-Jek,” kata Huffman dalam keterangannya baru-baru ini di Jakarta.

CEO GoJek Nadiem Makarim mengatakan pihaknya sudah banyak bekerja sama dengan Google. Misalnya, dengan memaksimalkan aplikasi Google Maps untuk layanan Go-Ride. Dengan begitu, pengendara bisa memperoleh informasi jalur berkendara, terutama untuk kendaraan roda dua.
“Saya secara fundamental percaya kalau kami menggabungkan data mengenai transportasi di Jakarta misalnya, kami bisa adakan (layanan) transportasi yang lebih kuat,” kata Nadiem.

Selain itu, Google Maps juga diakuinya cukup membantu mitra Go-Resto ataupun Go-Food untuk meningkatkan transaksinya. “Saya rasa ada banyak hal (yang bisa dikerjasamakan). Di inklusi keuangan misalnya, juga bisa ditransformasikan (bila berkolaborasi dengan Google),” ujar dia.

Baca juga :   Blanja.com Permudah Belanja di eBay

Sebelumnya, Google meluncurkan tiga produk yang fokus pada pengguna di Indonesia. Ketiga produk itu adalah: Jobs on Google Search; GoogleGo; dan, Asisten Google di WizPhone.

Yang menarik, Asisten Google khususnya untuk pengguna di Indonesia dilengkapi dengan fitur baru yakni news briefings, memesan kendaraan (book a ride), dan integrasi application programming interface (API) Indosat.

Asisten Google dirancang untuk penggunaan yang lebih banyak dan bisa dipakai oleh siapapun. Untuk itu, asisten Google bisa dipakai untuk membaca berita hingga memesan Go-Jek. Bahkan, asisten Google bisa bercanda sebagaimana manusia pada umumnya.

STEVY WIDIA