Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Astra Bina 250 UMKM di NTB

9 Oktober 2017
in News
Reading Time: 2 mins read
Astra Bina 250 UMKM di NTB

Chairman YDBA Henry C. Widjaja (paling kanan) dan para binaan YDBA. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM NTB untuk mengarahkan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Barat, agar dapat bersaing di pasar.

Chairman YDBA Henry C. Widjaja mengatakan program yang dilakukan pihaknya adalah pelatihan dan pendampingan yang diarahkan agar para pelaku usaha bisa mendapatkan pasar dan mendapatkan akses pembiayaan dari lembaga keuangan.

“Kami tidak memberikan dalam bentuk dana, tetapi yang kami lakukan adalah sharing management system yang kami terapkan di Astra. Sehingga para UMKM ini bisa mendapatkan wawasan tentang bagaimana melakukan manajemen bisnis,” ujar Henry dalam siaran pers Minggu (8/10/2017) di Mataram, NTB.

Di NTB sendiri setidaknya ada 250 UMKM dan Koperasi di bawah binaan YDBA dan Dinas Koperasi UMKM NTB. Jumlah tersebut tersebar di seluruh wilayah NTB, termasuk di pulau Sumbawa. Henry menambahkan, program YDBA diharapkan mampu mencetak UMKM yang mandiri dan siap dalam mengembangkan usahanya untuk skala yang lebih besar.

Baca juga :   M Cash Dorong Pemasaran Kios Digital Untuk UMKM

Selama 22 tahun mendampingi UMKM yang ada di NTB, produk yang banyak mendapat binaan YDBA antara lain UMKM kuliner dan UMKM kerajinan yang memang banyak ditemukan di wilayah NTB.

“Kami berusaha untuk mempersiapkan UMKM tersebut untuk bisa masuk dalam industri. Di mana, biasanya permasalahan di indusrti adalah terkait kapasitas produksi dan standarisasi produk,” papar Henry.

Pipin, salah seorang ibu rumah tangga yang menjadi binaan YDBA mengatakan sejauh ini telah banyak pelatihan yang diterimanya. Pelatihan tersebut dia salurkan ke ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya untuk membantunya dalam memproduksi pizza.

Pizza yang dibuat Pipin menggunakan pendekatan lokal. Salah satu yang coba dilakukannya adalah menggunakan topping dengan rasa ayam plecingan yang memang sudah menjadi ciri khas Lombok.

Baca juga :   Pemanfaatan Digital Jadi Langkah Percepatan Ekonomi Bagi UMKM

“Topping saya coba kreasikan dengan selera lokal, saya coba buat ayam plecingan dan ayam pelalah untuk toppingnya. Kalau yang suka manis saya juga buat pizza dengan topping buah-buahan,” ujar Pipin.

Lain lagi cerita Daini, pengusaha Kopi khas Lombok ini bahkan sudah berkunjung ke Jepang untuk mendapatkan pelatihan dari Astra. “Peserta selama mengikuti training di Jepang mendapatkan pelatihan manajemen perusahaan dan kesempatan benchmarking ke beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jepang,” ungkap Daini.

YDBA didirikan untuk meningkatkan keterampilan teknik, manajemen, pemasaran, keuangan, produksi, sumber daya manusia, dan lingkungan kesehatan pada para pelaku usaha UMKM. Pembinaan diberikan dengan memaksimalkan sinergi pada jaringan rantai bisnis grup Astra secara terintegrasi dengan motto ‘Berikan kail, bukan ikan’.

Baca juga :   DANA Raih Jumlah Transaksi Tertinggi dari Promo 11.11

STEVY WIDIA

Tags: Nusa Tenggara Barat (NTB)usaha mikro kecil dan menegah (UMKM)Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA)
Previous Post

Amos Gunawan : Memberdayakan Warung Tradisional di Indonesia

Next Post

Instagram Stories Perkenalkan Stiker Polling

Related Posts

Kampus UMKM Shopee Makassar
News

Kampus UMKM Shopee Hadir di Makassar Beri Fasilitas Gratis

18 Mei 2022
0
Startup Papua Diperkenalkan ke 100 Perusahaan Asing
News

Presiden Instruksikan Percepat Digitalisasi UMKM

12 Juni 2021
0
Tingkatkan Layanan 4G, Telkomsel Bangun 568 BTS di Wilayah Terisolir di Indonesia
Headline

Kominfo Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital di 2023

29 Mei 2021
0
Load More
Next Post
Pelaku UKM Banyak Manfaatkan Instagram Buat Berbisnis

Instagram Stories Perkenalkan Stiker Polling

Kontribusi Perempuan Bagi Ekonomi Indonesia Perlu Ditingkatkan

Kontribusi Perempuan Bagi Ekonomi Indonesia Perlu Ditingkatkan

Acer Indonesia Gandeng IICS Jakarta Implementasikan Digital Classroom

Acer Indonesia Gandeng IICS Jakarta Implementasikan Digital Classroom

Discussion about this post

Recent Updates

Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version