Autopedia Optimis Penjualan Mobil Bekas di Marketplace JBA Bisa Tumbuh Double-Digit

Autopedia - JBA

Autopedia Optimis Penjualan Mobil Bekas di Marketplace JBA Bisa Tumbuh Double-Digit (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Emiten perdagangan otomotif omnichannel PT Autopedia Sukses Lestari Tbk optimis penjualan di 2024 akan bisa tumbuh double-digit. Optimisme itu didukung oleh berlanjutnya kinerja positif bisnis lelang JBA, marketplace mobil bekas, dengan pendapatan pada paruh pertama tahun ini tumbuh 43,7% YoY.

“Peningkatan kinerja unit bisnis lelang Autopedia merupakan buah dari adanya pergeseran minat masyarakat yang lebih memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru. Selain itu, turunnya BI rate juga turut memicu sentimen positif penjualan mobil melalui leasing,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra, dikutip Jum’at (27/9/2024).

JBA berhasil melelang sekitar 58.000 unit kendaraan baik roda dua (2W) maupun roda empat (4W) di Semester I-2024, dan semakin mengokohkan posisi JBA sebagai pemimpin di industri lelang dengan pangsa pasar 40%.

Selain JBA, pendapatan Autopedia secara signifikan didorong oleh bisnis Caroline.id, yang memiliki item dengan harga lebih tinggi dan menyumbang Rp253,5 miliar pada pendapatan Perusahaan di 1H24. JBA menyusul dengan Rp126,5 miliar, sementara MotoGadai yang baru didirikan, yang diluncurkan pada akhir 2023, menyumbang Rp1,7 miliar. Seiring dengan terus berkembangnya MotoGadai, bisnis ini akan melengkapi ekosistem Autopedia dengan menyediakan solusi pembiayaan cepat bagi pengusaha dealer mobil bekas lalu mengikuti lelang sebagai pembeli di JBA.

“Kami percaya, selain karena volume penjualan yang lebih tinggi, pertumbuhan kinerja juga bisa diperoleh karena Perusahaan fokus pada model bisnis yang berkelanjutan, serta terus meningkatkan produktivitas cabang dan menjaga efisiensi biaya,” kata Jany.

Menurut Jany, pihaknya memiliki berbagai langkah untuk terus meningkatkan kinerja secara berkesinambungan, termasuk memaksimalkan strategi sales marketing digital yaitu offline to online to offline (O2O2O).

Untuk JBA, misalnya, akan memaksimalkan balai lelang JBA yang sudah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia, dengan cara memprioritaskan keberagaman unit yang dilelang dan peningkatan layanan platform untuk memudahkan proses lelang pembeli. Selain itu, kolaborasi JBA dengan Caroline.id dan MotoGadai akan meningkatkan efisiensi operasional dan menciptakan pengalaman yang lebih lancar bagi pembeli, mendukung strategi keseluruhan Autopedia.

Di bisnis penjualan retail mobil bekas, Autopedia akan terus menambah outlet Caroline.id di wilayah-wilayah strategis dan potensial. Sepanjang Januari-September 2024 ini, ASLC sudah menambah 6 showroom baru di Ciledug, Pondok Cabe, Karawang, Tambun, Mampang dan Poris. Rencananya, Caroline.id akan menambah showroom lagi hingga total 18 showroom pada akhir 2024.

Sementara itu, untuk mengembangkan bisnis gadai melalui MotoGadai, Autopedia juga berencana akan terus menambah jumlah outlet. Diharapkan dari peningkatan jumlah outlet akan mendorong perputaran bisnis MotoGadai, dan memfasilitasi pembiayaan modal kerja untuk dealer mobil bekas dan/atau pelanggan JBA di segmen dealer mobil bekas, memungkinkan mereka untuk membeli lebih banyak kendaraan yang dilelang, sehingga memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pendapatan Perusahaan.

“Secara keseluruhan, kami memproyeksikan pertumbuhan pendapatan dan laba akan tumbuh double digit tahun ini baik untuk bisnis lelang kendaraan (JBA) dan bisnis penjualan ritel mobil bekas (Caroline.id). Keuntungan secara konsolidasi diharapkan juga akan tumbuh double-digit. Tentu saja target-target tersebut selalu ada dalam pemantauan kami, dengan terus memperhatikan kondisi makro global,” tutup Jany.

 

HENNI S.

Exit mobile version