AWS Ajak Startup Adopsi Pembelajaran Mesin

Amazon Web Services (AWS) merupakan anak usaha rakasa e-commerce Amazon.com. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Amazon Web Service mengajak perusahaan kecil atau perusahaan rintisan untuk memanfaatkan layanan cloud miliknya., Layanan ini memiliki sejumlah manfaat yang akan dapat membantu mereka fokus kepada penciptaan aplikasi dan layanan terbaik.

“Bila startup pakai AWS, mereka dapat akses ke engineering system. Sebagai penyedia cloud computing terbesar di dunia, AWS paling kuat dibandingkan yang lain,” kata Nick Walton Managing Director AWS untuk ASEAN dalam keterangannya belum lama ini di Jakarta.

Tidak hanya sistem teknisi, Amazon Web Service turut menawarkan paket layanan dan mentoring teknis bagi startup terkait dengan keamanan platform, pengembangan startup dan praktik terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan kecil dan rintisan.

Paket layanan yang ditawarkan Amazon termasuk layanan terkait komputasi, ruang penyimpanan, jaringan, database, analisis, kecerdasan buatan (AI), IoT, mobile dan alat untuk pengembang. Layanan yang ditawarkannya ini juga diklaim akan membantu startup dalam hal efisiensi biaya dan mengelola sumber daya.

Amazon turut menyebut bahwa perusahaannya mengubah cara mereka berinvestasi dengan meluncurkan produk yang lebih terfokus dalam membangun infrastruktur, dan bukan sekadar mementingkan kualitas. Hal ini menjadi bentuk dukungan Amazon agar startup dapat terfokus pada pengembangan bisnisnya.

Baca juga :   MARKAS 2017 Ajang Temu Muka Kaskuser

Amazon juga menyebut bahwa layanannya juga dibekali dengan dukungan teknologi Machine Learning atau pembelajaran mesin. Teknologi ini memungkinkan startup mempelajari berbagai faktor di masa lalu sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi di masa depan.

Teknologi pembelajaran mesin juga dinilai menjadi salah satu faktor penting terkait dengan keamanan digital, sebab memiliki kemampuan mempelajari pola serangan di masa lalu sehingga mampu menyusun strategi perlindungan untuk startup dengan lebih mudah.

Karenanya, pada AWS Startup Day Jakarta 2018, Amazon mengusung tema Machine Learning. Pemilihan tema ini diakui Amazon selaras dengan tujuannya untuk membangun masa depan menjadi lebih baik.Pemilihan fokus di industri atas dasar penilaian industri telah dapat diganggu dan mengubah kehidupan masyarakat.

Amazon turut menyebut bahwa layanannya di Indonesia saat ini telah digunakan oleh sejumlah perusahaan digital dari berbagai bidang, termasuk Tokopedia, Traveloka, Go-Jek, Moka, Halodoc, dan Grab.

STEVY WIDIA