AXIS Gelar Kompetisi Video Budaya Untuk Pelajar

SMK TI Bali Global juara kompetisi AXIS Serunya Budayaku. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - AXIS kembali menyelenggarakan kompetisi video “AXIS Serunya Budayaku” untuk para pelajar Indonesia. Kompetisi ini diikuti oleh 250 sekolah dengan 526 karya video dengan hadiah utama senilai Rp 50 juta.

Randu Zulmi, Head Youth Marketing Communication XL Axiata, Randu Zulmi mengatakan sangat senang melihat besarnya antusiasme para peserta dalam kompetisi ini.

“Hampir semua karya yang masuk menunjukkan betapa mereka mampu memanfaatkan sarana teknologi digital untuk membuat konten-konten yang kreatif dan positif. Ini yang menjadi tujuan XL Axiata melalui AXIS menyelenggarakan program kompetisi ini untuk memberikan kesempatan kepada mereka mengasah potensi bakat dan kreatifitas guna mengangkat budaya dan kearifan lokal tempat mereka berada sebagai aset wisata,” kata Randu dalam keterangan pers Jumat (3/7/2020).

Pemenang utama kompetisi ini yaitu SMK TI Bali Global Badung – Bali, SMK Negeri 1 Sungailiat – Bangka Belitung, SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi – Jawa Barat, dan SMK Negeri 1 Klaten – Jawa Tengah. Mereka berhak atas hadiah utama senilai masing-masing Rp 50 juta.

Selain SMK TI Bali Global, tiga sekolah yang juga terpilih sebagai Juara Utama adalah SMK Negeri 1 Klaten, dengan karya berjudul Respatining Klaten, SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi, Jawa Barat, berjudul Pencak Silat dan Seni Musik Sunda, dan SMK Negeri 1 Sungailiat, Bangka Belitung, berjudul Warisan – Tari Sambut. Sementara itu, karya pelajar SMK TI Bali Global berjudul Budaya Tolong Menolong.

”Hadiah utama sebesar Rp 50 juta seharusnya berupa Pentas Seni di keempat sekolah pemenang. Tetapi, karena adanya pandemi COVID-19 ini maka diberikan dalam bentuk beasiswa atau fasilitas sekolah sesuai dengan permintaan dari pihak sekolah,” kata Randu.

Khusus SMK Muhammadiyah 1 Sukabumi Propinsi Jawa Barat sudah diberikan dalam bentuk pentas seni pada bulan Februari 2020 lalu. Selain hadiah utama, XL Axiata juga memberikan uang pembinaan senilai Rp 5 juta dan kamera vlog kepada peserta yang terpilih ke dalam 20 video favorit.

Sekolah-sekolah yang mengirimkan karyanya ke kompetisi video “AXIS Serunya Budayaku” ini berasal dari hampir semua provinsi di Indonesia. Dari Sumatera ada sekolah-sekolah di Medan, Pekanbaru, Palembang, Padang, Bandar Lampung. Juga dari Jabodetabek, Bandung, Indramayu, Semarang, hingga Yogyakarta. Selain itu banyak juga kiriman karya dari Surabaya, Jember, Denpasar, Mataram, juga Makassar. Sebaran asal daerah peserta sekaligus mencerminkan kekuatan kualitas jaringan data AXIS dan XL Axiata.

“Oleh sebab itu, kami optimis dengan brand AXIS dapat memenuhi kebutuhan internet cepat dari kalangan anak-anak muda, dan kami berencana untuk mengadakan kembali kompetisi-kompetisi seperti ini di masa mendatang agar lebih mendekatkan brand AXIS dalam menunjang kreatifitas siswa siswi untuk melestarikan dan mempromosikan budaya daerahnya dengan kreatifitas dan cara yang lebih seru,” pungkas Randu.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version