Ayo Gunakan Produk Dalam Negeri

IKM tekstil salah satu sasaran sektor IKM yang dikembangkan melalui program e-smart. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Untuk mendukung Industri Kecil Menengah (IKM) nasional, Kementerian Perindustrian mengimbau masyarakat menggunakan produk dalam negeri dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Lebaran.

“Masyarakat perlu mendukung IKM kita dengan menggunakan produk lokal. Beli baju lebaran buatan IKM sini, jangan apa-apa impor,” kata Gati Wibawaningsih, Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, dilansir Antara, Selasa (30/5/2017).

Gati menyatakan, selama Ramadhan dan Lebaran, IKM mode dan makanan disinyalir mengalami pertumbuhan paling pesat, mengingat dua sektor itu menjadi buruan masyarakat. Untuk itu, lanjutnya, dua sektor IKM tersebut mempersiapkan stok lebih banyak dari hari biasanya.

Menurut dia, yang terpenting bagi Kemenperin adalah IKM di kedua sektor tersebut mendapatkan bahan baku yang cukup, sehingga proses produksi dapat terus berjalan.

“Memang yang terpenting bahan baku, kalau bahan baku aman, mereka dapat terus berproduksi dan mempersiapkan stok selama Ramadhan dan Lebaran,” ungkap dia.

Selain itu, tambahnya, hal yang tidak kalah penting adalah menyediakan pasar bagi para IKM tersebut, agar barang yang mereka produksi dapat terserap sebanyak-banyaknya.

Untuk itu, dia berharap agar masyarakat Indonesia dapat menggunakan produk-produk dalam negeri, sehingga IKM nasional terus tumbuh.

“Kalau IKM tumbuh, perekonomian nasional juga ikut tumbuh. IKM akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

STEVY WIDIA