Bangun Startup Idaman, Kenali Dulu Pengguna

Kelas Interaction Designer The Nextdev 2018. (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Startup digital tengah menjadi bisnis menarik terutama bagi anak muda. Namun seperti halnya usaha lain, membangun startup susah-susah gampang. Apalagi usaha ini tak hanya menawarkan keunggulan teknologi semata, tapi juga kenyamanan para pengguna atau users.

Lalu, bagaimana sih caranya agar produk startup yang kamu bangun bisa langsung dicintai pengguna? Hal ini diungkapkan Larissa Rena, Studio Lead dari Somia Customer Experience yang menjadi narasumber The Nextdev Academy 2018.

Tak kenal maka tak sayang. Begitu pendapat Larissa. Ia menegaskan, salah satu hal yang harus dilakukan agar users mencintai startup kita adalah mengenal. Ya, mengenal dan mencintai users.

“Kita harus mengerti mereka, maunya kayak gimana. Nah itu dari situ dimulai pemahaman kita ke users lalu cocokkan dengan kebutuhan mereka,” kata Larissa dalam kelas Interaction Designer, belum lama ini di Jakarta.

Menurut dia, kebutuhan yang dimaksud dapat dilihat dari kebutuhan secara bisnis atau dari teknologi startup yang bisa disediakan untuk users.

“Dari situlah pelaku startup (bidang UX) dapat mencari solusi dan memperkirakan desain ideal yang seperti apa. Lalu lakukan tes ke users, perbaiki lagi kalau memang perlu perbaikan, literasi, sampai ketemu produk apa yang disukai users,” jelasnya.

Di The NextDev 2018 para peserta juga menuangkan berbagai ide dalam pengembangan bisnis mereka ke depan. “Ini adalah tempat yang tepat untuk coming out with your ideas. Semoga sukses untuk ke depannya,” pungkas Larissa.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version