Bank Danamon dan Adira Berbagi Buku di Seluruh Indonesia

Danamon Peduli menggelar acara “Seremoni Donasi Buku dan Berbagi Pengetahuan” di Menara Danamon. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI, Pustaka Bergerak dan Gerai Kaca untuk Menggairahkan Semangat Membaca Masyarakat Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) memfasilitasi inisiatif kegiatan sosial karyawan bertajuk Danamon – Adira Berbagi Buku.

Didukung oleh lebih dari 30 ribu karyawan, Bank Danamon dan anak perusahaanya Adira, berkontribusi pada upaya peningkatan minat baca serta menyediakan akses masyarakat terhadap buku-buku bermutu. Total buku terkumpul dari seluruh Indonesia sebanyak 40.040 buku.

“Hasil penelitian Perpustakaan Nasional RI tahun 2017 menyebutkan bahwa rata-rata masyarakat Indonesia membaca buku per hari rata-rata 30 – 59 menit, dari waktu ini jumlah buku yang selesai dibaca per tahun hanya 5 – 9 buku. Riset lain mengungkapkan bahwa minat baca Indonesia hanya 0,01%, bandingkan dengan rakyat Jepang di angka 45% dan Singapura sebesar 55%. Salah satu penyebabnya adalah karena keterbatasan bahan bacaan dan akses terhadap buku bermutu. Untuk mengatasi hal ini, kami ingin berkontribusi dalam mendukung peningkatan minat baca masyarakat,” jelas Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli dalam keterangannya, Kamis (2/8/2018) di Jakarta.

Baca juga :   Universitas Pertamina Siap Bersaing di MEA

Buku-buku tersebut akan didistribusikan ke 35 taman baca masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan yang memberi kesempatan bagi para karyawan untuk menjadi ‘Relawan Buku’, dengan menyumbangkan buku baru atau bekas yang layak dan bermutu.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, dilakukan juga edukasi kepada karyawan untuk menyumbangkan buku dengan rasa tanggung jawab, yaitu memberikan buku yang bermutu dengan kondisi yang masih layak (tidak robek, tidak dicoret-coret) untuk disumbangkan. Hal ini tentunya selaras dengan tujuan utama kegiatan, yakni mendukung peningkatan minat baca serta pengetahuan masyarakat. Oleh karena itu, seluruh pelaksanaan dari kegiatan ini, mulai dari menerima, memilah, mengemas hingga mengirim buku hasil donasi dilakukan oleh sekitar 30 ribu karyawan relawan.

Bertempat di Menara Bank Danamon, Danamon Peduli menggelar acara “Seremoni Donasi Buku dan Berbagi Pengetahuan”, dihadiri oleh Woro Titi Haryanti, MA Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia; Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia; Nirwan A. Arsuka Pendiri Gerakan Pustaka Bergerak; Rita Mirasari, Direksi Danamon dan Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

Baca juga :   Hooq Hadirkan Tayangan TV Lokal

STEVY WIDIA