Bank KB Bukopin Mendapatkan Pendanaan Sebesar Rp4,41 Triliun dari IFC

Bank KB Bukopin

Bank KB Bukopin Mendapatkan Pendanaan Sebesar Rp4,41 Triliun dari IFC (Foto: Istimewa)

youngster.id - Peroleh peringkat AAA(idn) dari Fitch Ratings dan idAAA dari Pefindo dengan outlook stabil, Bank KB Bukopin menjadi satu-satunya bank di Indonesia yang dipercaya untuk mendapatkan pendanaan untuk penerbitan obligasi sosial dari International Finance Corporation (IFC).

Bank KB Bukopin dipercaya IFC untuk mendapatkan pinjaman luar negeri senilai US$300 juta atau Rp4,41 triliun, yang mencakup penerbitan obligasi sosial untuk mendanai penanganan dampak sosial ekonomi akibat pandemi dan pembiayaan UMKM, perumahan yang terjangkau, perawatan kesehatan, pendidikan, serta infrastruktur.

“Kepercayaan adalah dasar terpenting bagi keberadaan suatu bank. Dengan adanya dukungan modal yang kuat dan panduan visi bisnis yang jelas dari KB Financial Group melalui KB Kookmin Bank, secara bertahap, berkelanjutan  dan meyakinkan KB Bukopin terus meraih kepercayaan yang semakin besar,” kata Deputy President Director Robby Mondong, Selasa (28/3/2023).

Sejak dikendalikan KB Kookmin Bank dari tahun 2020, kinerja Bank KB Bukopin terus membaik. KB Financial Group melalui KB Kookmin Bank, telah menyuntikkan US$682 juta, atau setara dengan Rp10,5 triliun kepada KB Bukopin, dan akan kembali menyuntikkan dana melalui right issue yang akan dilaksanakan pada kuartal II tahun ini.

Menurut Robby, kebangkitan kinerja Bank KB Bukopin diraih dengan perbaikan proses pemberian kredit seperti menggunakan sistem yang prudent, penggunaan alat penilaian (scoring tool) dari KB Kookmin, serta menyelenggarakan pelatihan sumber daya manusia secara berkala.

Berbeda dengan sebelumnya, sejak masuknya KB Kookmin, proses pemberian kredit KB Bukopin telah mengikuti four eyes principle, dimana persetujuan kredit dilakukan melalui sebuah komite yang pesertanya adalah unit kerja yang independen terhadap pengusul kredit. Lembaga komite kredit berada di kantor pusat dan kantor regional.

Untuk semakin meningkatkan kinerja, pada 22 Februari 2023 lalu, Bank KB Bukopin memperkenalkan SHINE Project sebagai nama baru dari Next Generation Banking System (NGBS) kepada publik.

SHINE Project merupakan proyek transformasi sistem teknologi informasi dan bisnis Bank KB Bukopin yang menyediakan berbagai pelayanan yang terpusat pada kepuasan nasabah, memperbaharui sistem untuk mendukung kebutuhan bisnis lebih baik, serta secara agresif memenuhi kebutuhan di pasar.

“Pemberian nama baru SHINE Project dan tagline Change Everything diharapkan akan dapat memberikan semangat yang lebih besar bagi seluruh pihak dalam menyukseskan proyek transformasi sistem teknologi informasi dan bisnis Bank KB Bukopin ini,” tutup Robby.

 

HENNI S.

Exit mobile version