youngster.id - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggandeng Shopee, perusahaan e-commerce yang memiliki jejaring di Asia Tenggara dan Taiwan, untuk menghadirkan Official Mandiri e-store. Toko online resmi ini menawarkan merchandise produk perseroan, yakni uang elektronik (e-money) dalam berbagai pilihan edisi.
SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri Jasmin mengatakan, inisiatif kerja sama dengan pelaku daring ini didasarkan pada tren belanja masyarakat saat ini yang sebagian besar dilakukan secara online. Buktinya, transaksi platform digital pelaku online melalui Bank Mandiri pada tahun lalu mengalami peningkatan volume transaksi menjadi Rp24 triliun atau naik 400% dibandingkan dengan 2017.
“Dengan perkembangan pesat Shopee sebagai salah satu daring yang paling banyak dikunjungi, kami percaya kerja sama ini dapat semakin mempermudah masyarakat yang ingin memiliki Mandiri e-money atau bahkan mengoleksi berbagai edisi e-money yang telah diterbitkan,” kata Jasmin dalam keterangannya Senin (14/1/2019).
Peresmian kerja sama tersebut dilakukan oleh Jasmin bersama Handhika Jahja selaku Director Shopee Indonesia, di kantor Shopee, Jakarta
Meskipun diperoleh secara online, Jasmin mengatakan, pihaknya akan menjamin keaslian dan kepastian produk e-money yang dijual. Kartu uang elektronik tersebut dapat langsung dipergunakan untuk berbagai transaksi harian, seperti pembayaran tarif tol, TransJakarta, tarif parkir sampai minimart.
Lebih lanjut, dia menuturkan pihaknya berharap selain menjadi official store pertama milik Bank di marketplace, Mandiri e-store di platform digital ini juga dapat semakin memperkuat penetrasi uang elektronik di masyarakat.
Hingga akhir Desember 2018, Bank Mandiri telah menerbitkan 16,4 juta kartu uang elektronik dengan akseptasi di lebih dari 45.000 merchant dan 60.000 lokasi top up. Saat ini kartu Mandiri e-money telah terbit dalam berbagai edisi unik dengan desain yang bervariasi seperti Asian Games 2018, Marvel Avengers, Star Wars, Disney Tsum Tsum dan lain-lain.
Dari jumlah tersebut, frekuensi transaksi Mandiri e-money sepanjang 2018 mencapai 1,1 miliar dengan nominal transaksi Rp13,4 triliun. Frekuensi transaksi terbesar terjadi di sektor transportasi yang mencapai 94%, terutama jalan tol seperti ruas tol Trans Jawa, tol Bali Mandara, ruas tol Medan-Kualanamu serta ruas tol Ujungpandang Seksi 1 dan 2.
Dalam kesempatan yang sama, Director Shopee Indonesia Handhika Jahja menjelaskan Shopee senantiasa berkomitmen untuk mendengarkan masukan dari pengguna dalam berinovasi, termasuk bekerjasama dengan mitra-mitra ternama dalam menambah ragam pilihan produk.
“Kami sangat senang menjadi mitra yang dipercaya oleh Bank Mandiri untuk memperluas jangkauan dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk memiliki akses secara langsung dan mudah ke produk-produk e-money Bank Mandiri,” tuturnya.
Shopee, bagian dari Sea Company, pertama kali diperkenalkan di Singapura pada 2015, dan telah memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.
STEVY WIDIA
Discussion about this post