Bantu Investor Perluas Diversifikasi Portofolio, Pluang Luncurkan 15 Produk Reksa Dana Baru

Claudia Kolonas - Pluang

Claudia Kolonas, Ce-founder & CEO Pluang (Foto: Dok. Pribadi)

youngster.id - Aplikasi investasi Pluang meluncurkan 15 produk reksa dana baru, sehingga pengguna Pluang bisa membangun dan memperluas cakupan diversifikasi portofolionya secara praktis melalui satu aplikasi saja.

Adapun jenis reksa dana baru di Pluang terdiri dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Sebagian dari produk-produk tersebut berkategori reksa dana konvensional, sementara sebagian lainnya merupakan produk reksa dana syariah.

Claudia Kolonas, Co-Founder Pluang menuturkan, pendekatan ‘butik reksa dana’ melalui penyeleksian produk-produk reksa dana pilihan yang dipasarkan di aplikasi Pluang diharapkan dapat menyederhanakan proses investasi bagi semua orang.

Selain itu, masing-masing produk reksa dana baru Pluang memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain sehingga seluruh investor dapat menikmatinya meski memiliki profil risiko, strategi diversifikasi, tujuan, dan jangka waktu investasi yang berbeda-beda.

“Sehingga, investor bisa menempatkan dana di reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap jika mereka ingin berinvestasi dalam jangka waktu pendek hingga menengah. Namun, jika investor punya tujuan investasi jangka panjang, maka mereka bisa memilih produk reksa dana berbasis saham,” tutur Claudia, dalam keterangan tertulisnya Selasa (9/11/2021).

Dijelaskan Claudia, bagi nvestor yang memiliki profil risiko agresif dapat memilih reksa dana saham, dengan tingkat volatilitas yang lebih tinggi dibandingkan jenis reksa dana lainnya. Sementara itu, jika investor mencari alternatif investasi berbasis syariah, maka mereka bisa berinvestasi di lima produk reksa dana syariah yang terdapat di aplikasi Pluang.

“Yang menarik, investor yang sebelumnya sudah berinvestasi reksa dana di Pluang dapat berinvestasi di produk reksa dana baru tanpa memerlukan langkah tambahan. Sementara itu, investor baru perlu menyelesaikan proses KYC-2 sebelum membeli produk-produk reksa dana tersebut. Selebihnya, investor bisa mendapatkan produk reksa dana baru ini mulai dari Rp 10.000 saja dan bisa membayar menggunakan Gopay, Virtual Account bank, atau transfer manual,” tambah Claudia.

Dalam meluncurkan 15 produk reksa dana baru ini, Pluang bekerja sama dengan enam Manajer Investasi yakni PT BNI Asset Management, PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, PT Pinnacle Persada Investama, PT Bahana TCW Investment Management, PT Sucorinvest Asset Management dan Syailendra Capital.

Selanjutnya, kelima belas produk reksa dana baru ini melengkapi dua produk reksa dana PT UOB Asset Management yang terdapat di aplikasi Pluang, yakni UOBAM Dana Membangun Negeri dan UOBAM Dana Rupiah. Sejak diluncurkan pada Mei 2021, dua produk reksa dana tersebut mendapat respons yang cukup baik dari pengguna Pluang karena proses KYC dan transaksi yang cukup mudah.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version