youngster.id - Indonesia merupakan salah satu negara produsen biji kopi terbesar di dunia. Pertumbuhan kedai kopi juga pesat. Melihat potensi ini Rasa Group bekerja sama dengan DRiPP Flavour, Bezzera, Otten, serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar kembali Barista Innovation Challenge (BIC) 2021.
Ini merupakan kompetisi nasional terbesar dan paling bergengsi untuk barista, home brewer, dan para pelaku kopi, mengajak seluruh pesertanya berinovasi menghasilkan minuman berkualitas dengan cita rasa Indonesia. BIC juga menggelar roadshow ke 6 kota besar di Indonesia, yaitu Makassar, Bali, Medan, Surabaya, Jakarta dan Bandung.
Managing Director Rasa Group Sherley Ruslie mengatakan, kompetisi ini untuk mendapatkan talenta-talenta daerah yang siap diperkenalkan secara nasional. “Ada coffee shop yang masih perlu di-reach out untuk diajak ikut BIC, untuk diperkenalkan karyanya secara nasional. Jadi tahun ini kita mau me-reaching out potensi terpendam itu” ujar Sherley dalam keterangan pers, Rabu (3/11/2021).
BIC 2021 mengangkat tema The Coffee Nation : a Tale of Innovation. Tema ini dipilih dengan tujuan untuk memperkenalkan keunikan biji kopi daerah ke seluruh nusantara. Harapannya dari tema BIC tahun ini, para pelaku industri kopi dapat meng-explore lebih banyak biji kopi daerah-daerah di Indonesia ke dalam kreasi minumannya.
Menurut Sherley, talenta-talenta yang terus bermunculan setiap tahunnya diberikan wadah di dalam BIC untuk berkreasi sehingga menjadi unggul di mata publik internasional. BIC 2021 terbuka untuk para barista, bartender, penikmat kopi dan mereka yang mau berinovasi. Rasa Group sebagai penyelenggara berharap para peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya
“Peserta bisa membuat kopi dengan konsep mixology yang memadukan hasil bumi Indonesia, agar menghasilkan minuman secara rasa dapat diterima, bahkan menjadi trend nantinya” kata Sherley lagi.
Para peserta akan memperebutkan hadiah utama bernilai total ratusan juta rupiah. Selain itu, juara utama akan mendapatkan 1 buah mesin kopi Bezzera 2016 Group Volumetric dan 1 buah Bezzera Grinder BB020, dari Rotaryana Group.
“Hal ini merupakan dukungan dari Rotaryana untuk membantu para barista menghasilkan minuman kopi espresso yang berkualitas dengan Bezzera Equipment,” ujar Karisma Kamdani Pemilik Rotaryana Group.
Sedangkan juara kedua mendapatkan 1 buah Ode Grinder, 1 buah Drip Coffee Scale, dan 1 buah stag EKG. Serta untuk juara ketiga akan mendapatkan 1 buah Flair Espresso Maker, 1 buah Drip Coffee Scale dan 1 buah Kettle Buono.
Tidak hanya untuk 3 peserta terbaik, dalam usaha mendorong kemajuan UMKM, Otten menghadirkan mesin kopi versi rumah tangga untuk 25 peserta semifinal. Otten telah menyiapkan Touch Screen Home Espresso Machine khusus untuk BIC 2021, dan merchandise istimewa lainnya dari DRiPP Flavour.
Rangkaian kegiatan BIC 2021 juga akan menghadirkan Innovation Day dengan beragam webinar untuk para peserta yang belum berkesempatan mengikuti roadshow di kota-kota secara offline. Dikemas dalam bentuk sharing knowledge, ragam webinar Innovation Day menghadirkan guest speaker di bidang seputar roastery, kompetisi, kreasi, inovasi resep, mixology coffee, dan entrepreneurship.
Berbagai macam Webinar telah dilakukan dengan berkolaborasi bersama coffee shop ternama nasional dan membahas berbagai macam topik seperti bahasan seputar cara dan dukungan coffee shop Indonesia menginjakkan kaki di pasar internasional yang dibawakan langsung oleh Founders DUA Coffee. Kemudian, webinar yang berfokus pada peningkatan kemampuan para barista Indonesia mengenal tasting notes yang ada dari biji kopi lokal yang dibawakan langsung oleh Founders Space Roastery. Serta topik yang membahas mengenai pengembangan hard dan soft skill barista agar dapat menciptakan minuman yang kreatif yang dibawakan oleh Founder First Crack Coffee.
STEVY WIDIA
Discussion about this post