Batik Kudus Di Pekan Mode New York

Batik Kudus diperkenalkan di New York Fashion Week. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Batik kudus diperkenalkan di pergelaran busana di Pekan Mode New York Minggu (14/2/2016) di New York, AS. Koleksi Balijava Batik Kudus teranyar ditampilan di Fashion Week Gallery, Manhattan, New York, AS.

Kehadiran wastra nusantara ini adalah hasil karya perancang busana Denny Wirawan. Dia memilih membawa koleksi batik  sebagai bentuk dedikasi terhadap kain dan budaya Indonesia.

“Motif batik kudus memiliki motif sederhana sehingga bisa saya aplikasikan dengan gaya design khas saya dan Model dari Balijava itu sendiri yang modern dan edgy, serta saya rasa bisa diterima oleh pasar Internasional seperti Amerika Serikat,” jelas Denny yang dilansir Kompas.com.

Sejumlah koleksi yang mengangkat keindahan pesona Batik Kudus telah dipersiapkan sejak Desember 2015.“Secara prinsip saya ingin secara aktif melestarikan wastra nusantara. Oleh sebab itu sejak 2008, koleksi Balijava hadir sebagai lini busana yang siap pakai dan busana siap pakai madya,” ujar Denny. Koleksi Balijava Batik Kudus kal ini menerapkan gaya rancang baru dan kekinian.

Motif Batik Kudus, kata Denny, memiliki motif sederhana sehingga mudah untuk digubah dengan gaya rancang khas masing-masing koleksinya.

“Saya membuat batik cap dan batik tulis serta warna khusus yang disesuaikan dengan selera pasar Internasional seperti Amerika Serikat. Saya mempersiapkan sebanyak 15 padu padan terbaru untuk busana Balijava batik Kudus Fall Winter 2016,” ungkapnya.

Untuk koleksit tersebut Denny menyempatkan diri mengunjungi Kudus, Jawa Tengah, beberapa kali untuk berdiskusi dengan pembatik Kudus mengenai motif. Kunjungan tersebut, sebut Denny, juga dimanfaatkan untuk melihat hasil kerja para pembatik dan membuat lookbook dari koleksi terbaru Balijava Batik Kudus.

“Keseluruhan ini adalah komitmen saya dan tentunya Bakti Budaya Djarum Foundation, kami ingin tampil membanggakan membawa Batik Indonesia dan  nama Indonesia ke ajang NYFW 2016,” imbuhnya.

 

STEVY WIDIA