BatikMal.com Hadir Sebagai Marketplace Batik

BatikMal.com hadir sebagai marketplace batik pertama di Indonesia (Foto: BatikMal.com/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Sudah diketahui masyarakat Indonesia bahwa Jawa Tengah merupakan pusat batik di Indonesia. Nah, untuk lebih memasyarakatkan batik ini, Ariani Matius Maun menginisiasi lahirnya marketplaces batik pertama di Indonesia, BatikMal.com.

Marketplace BatikMal.com ini secara resmi diluncurkan di kota Semarang, Jawa Tengah pada Senin (8/8/16). “Untuk lebih memasyarakatkan batik, maka perlu dikembangkan online shop yang menggabungkan beberapa produk batik,” kata Ariani.

Menurut Ariani, peluang dan potensi pasar batik masih sangat menggiurkan. Misalnya, penjualan batik di Jawa Tengah sangat besar. Nilainya bisa mencapai Rp 400 miliar per tahun. Oleh karena itu, marketplace ini perlu dimanfaatkan demi mendongkrak penjualan produk-produk ekonomi kreatif, termasuk batik.

“Kami optimis marketplace yang mengangkat batik akan berhasil karena produk tradisional ini sudah diakui sebagai kekayaan dunia asli Indonesia,” ucap Ariani optimistis.

Perusahaan yang sudah menjalani trial sejak 7 Juni 2016 ini, mengklaim telah memiliki lebih dari 100 vendor batik. Oleh karena itu, Ariani berharap, BatikMal.com akan menjadi marketplace terbesar di Indonesia dan menampung pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat mengembangkan pasar.

“Kami juga ingin fokus menyediakan pasar online dan mendekatkan produk Indonesia kepada pasar lokal dan internasional,” ujar Ariani.

Sejatinya, selain batik, marketplace ini juga sudah memiliki vendor dari furnitur, makanan dan minuman. Khusus untuk makanan dan minuman, mensyaratkan untuk produk-produk yang sudah berlabel PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

 

STEVY WIDIA