BCA Terapkan Next-Generation Firewalls

Berkat dukungan solusi dari Palo Alto Networks, kini BCA memiliki kontrol keamanan dan visibilitas menyeluruh. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Terjadinya lonjakan jumlah pelanggan yang melakukan transaksi perbankan secara online membuat perbankan dituntut untuk membangun keamanan digital yang kokoh sebagai prioritas, terlebih dengan makin merajalelanya ancaman serangan malware di luar.

Berangkat dari itu Bank Central Asia (BCA) mempercayakan Palo Alto Networks (NYSE: PANW) untuk menerapkan next-generation firewalls miliknya di infrastruktur keamanan mereka. Penerapan next-generation firewalls tersebut menandai dibangunnya sistem pengelolaan keamanan jaringan mutakhir di BCA sebagai langkah strategis dalam menerapkan pendekatan keamanan siber yang siap untuk masa depan.

Lily Wongso, senior vice president, Network Data Center Group, Strategic IT BCA mengatakan, kunci keberhasilan dalam menghadirkan layanan perbankan digital kepada nasabah adalah dibangunnya sebuah layanan yang always-on, yang dibangun di atas fondasi keamanan yang kokoh. Strategi ini mereka wujudkan dengan menggelar serangkaian solusi next-generation firewalls milik Palo Alto Networks di lini keamanan IT mereka, yang meliputi PA-3000 Series dan PA-5000 Series, WildFire® cloud-based threat analysis service, serta Panorama™ network security management.

Baca juga :   UGM Juara XFest Case Competition 2016

“Next-generation firewalls dari Palo Alto Networks memperkokoh sistem keamanan digital kami. Penyesuaian-penyesuaian konfigurasi, seperti pengaturan pengelolaan lebar pita dan penerapan kendali akses firewall kini juga dapat dilakukan dari satu tempat yang sama dan dalam tempo yang hampir real-time pula. Hampir semuanya kini telah terotomatisasi,” ucap Lily dalam keterangannya, Selasa (25/9/2018) di Jakarta.

BCA merupakan salah satu bank ritel terkemuka di Indonesia yang memiliki 1.213 kantor cabang dan 17.207 ATM untuk melayani lebih dari 16 juta nasabahnya. Adanya peningkatan di sektor layanan mobile banking sebesar 20 persen per tahun yang dicatatkan oleh BCA menjadi movitasi bagi bank tersebut untuk melakukan digitalisasi pada sejumlah lini operasional mereka.

“Solusi Panorama yang kami terapkan mampu menghadirkan visibilitas secara menyeluruh yang tersaji dalam satu konsol. Begitu memudahkan kami dalam mengoperasikannya,” kata Lily lagi.

Menurut dia, dengan solusi ini, penerapan kebijakan keamanan digital di sistem perbankan BCA bisa dilakukan secara menyeluruh, sehingga proses aktivasi aplikasi-aplikasi baru dapat dilakukan dengan cepat dan aman.

Baca juga :   Pesta Diskon Digelar Skala Nasional

Berkat dukungan solusi dari Palo Alto Networks, kini BCA memiliki kontrol keamanan dan visibilitas menyeluruh yang ditampilkan dalam satu konsol sehingga memudahkan dalam pengoperasian. Penyesuaian-penyesuaian konfigurasi kini juga bisa dilakukan dari satu tempat yang sama, dan hampir semua pekerjaan kini telah terotomatisasi.

 

STEVY WIDIA