Beautiful Indonesia, Aplikasi Media Sosial Khusus Pariwisata

wisata

Desa Botu Barani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo menjadi pusat pariwisata baru. (Foto : istimewa/uoungster.id)

youngster.id - PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) mengembangkan aplikasi media sosial Beautiful Indonesia. Aplikasi ini khusus untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Direktur Utama PT INTI, Edi Witjara mengatakan, aplikasi Beautiful Indonesia merupakan hasil pengembangan antara PT INTI dengan perusahaan skala nasional dan internasional. Dia menyebut Beautiful Indonesia salah satu turunan dari INTI Apps, sebuah platform media sosial karya anak bangsa, yang harapannya dapat menggantikan media sosial populer yang saat ini ada di Indonesia.

“Platform Beautiful Indonesia ini nantinya kita targetkan menjadi wadah bagi ekosistem pariwisata di Indonesia,” kata Edi dalam keterangannya, Selasa (17/1/2023).

Aplikasi Beautiful Indonesia diklaim sebagai platform media sosial yang bersifat User Generated Content, di mana penggunanya bisa mengisi konten secara mandiri. Adapun platform tersebut memiliki fungsi unified communication and collaboration, unified content platform, serta communication platform as a service.

Pengguna aplikasi Beautiful Indonesia bisa mendapatkan informasi mengenai objek wisata, memberi review dan komentar, berbagi pengalaman dan diskusi, berbagai foto dan video, hingga melakukan streaming. Penyedia layanan dan produk pariwisata bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai media promosi, transaksi, hingga interaksi secara daring.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno merupakan salah satu pengisi konten di aplikasi tersebut. Sandi membagikan video pendek pengalamannya mendatangi berbagai objek wisata di Indonesia.

“Kami berharap, dengan soft launching ini akan mendongkrak angka unduhannya nanti setelah aplikasi tersedia pada Google Play Store dan Apple App Store,” kata Sandiaga pada The Weekly Brief with Sandi Uno.

Diharapkan, aplikasi mampu mendukung Kementerian Pariwisata yang menargetkan kunjungan wisata 2023 naik dua kali lipat. Kunjungan wisatawan mancanegara diharapkan sebesar 7,4 juta orang, dan wisatawan nusantara 1,2-1,4 miliar orang.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version