Beberapa Tahun Ke Depan, Diprediksi Akan Ada Jutaan Pengguna Gaming Crypto

Gaming Crypto

Beberapa Tahun Ke Depan, Diprediksi Akan Ada Jutaan Pengguna Gaming Crypto (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Perkembangan pesat yang terjadi terhadap blockchain, menunjukkan perubahan yang signifikan, dimana hal ini mendorong industri untuk dapat mengevaluasi tren dan menyesuaikan kembali strategi yang diperlukan.

Hal inilah yang menjadi latar belakang platform investasi kripto BitMEX untuk menerbitkan laporan berjudul “Lima Cara Dunia Kripto Akan Berubah pada tahun 2022,” baru-baru ini. Laporan tersebut mengungkapkan pandangan yang lebih jelas menurut para ahli dari BitMEX terhadap perkembangan signifikan yang akan membentuk ruang kripto di dunia pada tahun yang akan datang.

“BitMEX telah berbagi wawasan industri mengenai mata uang kripto dan ruang blockchain secara global untuk membantu publik agar lebih memahami dan dapat memanfaatkan teknologi revolusioner ini. Saat ini kami sangat senang dapat berbagi informasi terbaru kami dengan Indonesia, yang merupakan rumah bagi basis pengguna kripto terbesar ketujuh di dunia,” kata Alexander Höptner, CEO BitMEX, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/3/2022).

BitMEX mengakui bahwa Indonesia merupakan pasar industri kripto yang berkembang pesat, dengan transaksi kripto melonjak menjadi Rp859 triliun (US$59,8 miliar) pada tahun 2021 sementara pada tahun 2020 hanya sebesar Rp60 triliun (US$4,2 miliar).

“Kami berharap survei kami dapat membantu komunitas kripto di Indonesia untuk menambah wawasan terkait masa depan industri ini dan untuk menemukan peluang baru,” tambah Höptner.

Laporan tersebut mencatat bahwa ragam konsep seperti play-to-earn telah mengambil alih dunia, dan dengan kualitas gameplay yang akan meningkat, adopsi dapat tumbuh secara eksponensial pada tahun 2022.

Höptner menegaskan, dalam beberapa tahun ke depan akan sangat memungkinkan bagi jutaan pengguna untuk menemukan kripto melalui game mengingat satu dari setiap dua game developer ingin beralih ke blockchain dan NFT. Koin yang mendukung konsep play-to-earn mungkin akan lebih berkembang daripada koin lain karena kesuksesannya didorong oleh perubahan nyata pada perilaku konsumen.

Di sisi lain, platform blockchain publik Solana, juga merupakan salah satu perkembangan yang patut diamati karena diprediksi akan segera mengurangi dominasi Ethereum. Meskipun telah meningkat lebih dari 11.400% pada tahun 2021, proyek ini masih memiliki ruang untuk terus berkembang, berkat keunggulannya yang cenderung membuat proses transaksi menjadi lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan proyek-proyek terkemuka lainnya. Adapun, jutaan crypto-curious yang ingin mencari eksposur lebih dari Bitcoin dan Ethereum diprediksikan akan mengkatalisasi pertumbuhan Solana.

Perubahan signifikan lainnya yang menonjol dari survei BitMEX, meliputi hilangnya kesenjangan gender di antara pengadopsi kripto, dengan lebih banyak wanita dari sebelumnya yang akan terjun ke ranah kripto pada tahun 2022; adanya lonjakan permintaan untuk produk tabungan kripto dengan tingkat pengembalian tinggi; serta pemecahan rekor akuisisi dimana perusahaan kripto ingin mengakuisisi perusahaan TradFi.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version