BeKind, Luncurkan NFT Untuk Penggalangan Dana Sosial

Non-Fungible Token - NFT

3 Hal Yang Perlu Diatasi Untuk Menghindari NFT Menjadi Bubble (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - BeKind menggandeng KLA Project, Element dan seniman Pixel Art Pinot untuk meluncurkan meluncurkan karya digital berbentuk Non Fungible Token  (NFT) untuk penggalangan dana sosial. NFT BeKind ini diluncurkan melalui platform marketplace OpenSea. 

CEO dan Founder BeKind Fajar Jasmin mengatakan, lewat inovasi penggalangan dana menggunakan teknologi blockchain, BeKind memungkinkan penggalang dana dan donator. Kegiatan ini untuk membantu masyarakat yang menghadapi kesulitan ekonomi di tengah pandemi maupun akibat bencana alam, dengan penyaluran yang bisa lebih terlacak, hemat biaya, dan aman melalui ekosistem yang inovatif.

“Kami menyadari bahwa proses penggalangan dana seringkali menghadapi berbagai tantangan seperti biaya transaksi yang tinggi, kurangnya transparansi, dan kemungkinan manipulasi pelaporan penyaluran dana. Dengan menggunakan blockchain untuk penggalangan dana sosial, kami berharap para donatur maupun filantrop di Indonesia mendapatkan sebuah solusi penggalangan dana inovatif yang lebih transparan dan akuntabel. Pelacakannya juga akan lebih akurat dan transparan,” kata Fajar dalam keterangan pers, Rabu (30/3/2022).

BeKind adalah aggregator sosial berbasis platform dan teknologi blockchain. Menurut Fajar, karya digital NFT yang tersedia di marketplace merupakan hasil kolaborasi sejumlah pelaku seni yang difasilitasi BeKind.

Sejumlah karya yang telah diluncurkan sejauh ini adalah kerja sama antara kelompok musik legendaris, KLa Project, dengan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi – mereka meluncurkan karya digital klip video musik yang menampilkan potongan lagu “Yogyakarta” dengan animasi spesial menggunakan teknologi retro.

“Kami melihat peluang besar bagi para pelaku seni untuk bertahan dan terus menghasilkan karya terbaiknya sekaligus berkontribusi dalam membantu sesama melalui platform BeKind. Karya musik digital hasil kolaborasi kami dengan Pinot merupakan langkah awal bagi kami dan juga pelaku seni lainnya untuk memanfaatkan platform ini lebih jauh,” kata Katon Bagaskara, vokalis KLa Project.

Selain itu karya BeKind jgua menghadirkan NFT hasil kolaborasi kelompok musik Elemen dan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi, dengan lagu “Kekuatan Cinta”.

“Kami senang bisa berkolaborasi dengan Pinot untuk peluncuran single terbaru kami, sekaligus menyambut baik kesempatan untuk bisa membantu sesama. Mudah-mudahan, pembelian NFT single terbaru kami ini bisa menginspirasi pelaku seni lainnya untuk bukan hanya menampilkan karya terbaiknya, tetapi juga menggalang dana sosial melalui BeKind,” kata Didi Riyadi, drummer Band Element.

Sementara Pinot mengatakan, ini adalah kali pertama saya berkolaborasi dengan musisi dalam negeri. “Saya rasa ini merupakan inovasi terbaru yang bisa mendorong bukan hanya peningkatan kesejahteraan pelaku seni di tengah pandemi seperti saat ini, tetapi juga membantu mereka yang membutuhkan,” kata Pinot.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version