Bekraf Buka Pendaftaran Program BEKUP di Tiga Kota

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) luncurkan "Bekraf for Pre-Startup" (Bekup). (Foto : Bekraf/Youngsters.id)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melaksanakan program Bekraf for Pre-Startup (BEKUP) 2019. Ini merupakan rancangan program khusus untuk mematangkan integrasi ekosistem startup dari hulu sampai ke hilir. Bandung, Yogyakarta, dan Depok menjadi kota perdana untuk BEKUP.

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari menyatakan BEKUP mampu membawa aura, budaya, dan paradigma berwirausaha, terutama industri digital. “Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu rancangan program dan kegiatan end to end yang terstruktur,” kata Hari dalam keterangannya, Selasa (18/6/2019) di Jakarta.

Menurut dia, melalui program BEKUP, Bekraf membantu pelaku ekonomi kreatif untuk mempersiapkan masa pre-startup. Alhasil tingkat probabilitas keberhasilan pembentukan startup bisa meningkat. Untuk itu, beberapa faktor penting keberhasilan startup adalah pengetahuan manajerial, strategi bisnis, dan rancangan inovasi bisnis. Program BEKUP pun membantu membantu pre-startup dalam mematangkan proses inisiasi, pembangunan fondasi, sampai proses bisnis.

Bekraf merancang BEKUP dalam tiga tahap, yaitu pengembangan talenta pelaku ekonomi kreatif, persiapan pendiri, dan prainkubasi. “Kami harap ketiga tahap bisa memperkokoh pijakan pre-startup untuk melangkah menjadi startup yang lebih kuat,” ujar Hari.

Sejak 2015, BEKUP telah memberikan pembekalan kepada 220 startup. BEKUP 2019 merupakan gelaran tahunan kelima dari Bekraf. Sebanyak 12 mentor siap untuk memberikan fasilitas terhadap 100 pre-startup.

Salah satu hasil dari BEKUP adalah Nirwana Clean dari Padang. “Program ini sangat luar biasa memberikan trigger bagi kami anak-anak muda untuk lebih memikirkan hal yang lebih unik dan baru. Tertantang dengan background yang berbeda untuk solid dan menyatukan visi,” kata CEO Nirwana Clean Edho.

Terdapat enam persyaratan utama untuk pendaftaran BEKUP 2019. Rinciannya, usia 18 hingga 35 tahun, sudah memiliki ide bisnis atau solusi digital, pendidikan terakhir SMA, punya rencana memiliki startup digital, bersedia ikut rangkaian kegiatan program BEKUP, serta memiliki tim minamal terdiri atas dua orang, satu orang harus memiliki keterampilan program.

Pendaftaran BEKUP melalui bekup.bekraf.go.id. Untuk Bandung mulai 17 Juni sampai 22 Juni 2019; Yogyakarta pendaftaran dari 22 Juli hingga 12 Agustus 2019; serta Depok bakal membuka registrasi dari 9 September sampai 1 Oktober 2019.

STEVY WIDIA

Exit mobile version