Bekraf Luncurkan Program Residensi IKKON 2019

Ekonomi kreatif juga tumbuh di daerah-daerah. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali membuka program residensi Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) 2019 bagi para profesional untuk membantu pengembangan ekonomi kreatif lokal.

Program ini akan berlangsung di 5 daerah yakni Aceh Utara, Aceh; Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB); Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT); serta Tomohon, Sulawesi Utara.

“Anak-anak muda sebagai konseptor karya akan kolaborasi dengan seniman lokal, memberikan contoh kepada pengrajin dengan pertimbangan potensi dasar. Stimulus untuk improvisasi ekonomi daerah Indonesia,” kata Triawan Munaf Kepala Bekraf dalam keterangannya, Jumat (28/6/2019) di Jakarta.

Dia menjelaskan, para peserta IKKON 2019 bakal bekerja sama dalam tim untuk ditempatkan pada salah satu daerah selama 1 tahun. Nantinya, para peserta dan masyarakat lokal dapat saling belajar, berbagi, berinteraksi, bereksplorasi, dan berkolaborasi sehingga setiap pihak yang terlibat dapat memperoleh manfaat secara etis yang berkelanjutan.

IKKON 2019 membuka spesifikasi profesi khusus yaitu desainer interior, desainer komunikasi visual, desainer produk, desainer mode, desainer tekstil, dan arsitek. Sedangkan profesi lain adalah koreografer, etnomusikolog, ahli kuliner, fotografer, videografer, antropolog, dan pengembang bisnis.

Menurut Triawan, masih banyak potensi yang bisa digali di tiap daerah, mulai produk fesyen hingga kuliner. “IKKON 2019 akan mempertahankan yang sudah ada dan menggabungkannya dengan ide baru, kolaborasi tradisi dan ilmu pengetahuan teknologi bisa menghasilkan produk kompetitif,” ujarnya.

Penyelenggaraan IKKON 2018 lalu berlangsung di Siak, Riau; Belitung, Bangka Belitung; Singkawang, Kalimantan Barat; Dompu, NTB; serta Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

STEVY WIDIA

Exit mobile version