youngster.id - Sesungguhnya belanja online bukan tren jual-beli yang baru muncul. eBay dan Amazon telah meramaikan pasar bisnis melalui jejaring internet sejak 1990, meskipun mulai ramai digunakan di Indonesia 10 tahun berselang. Bahkan kini pembelanjaan di jaringan internet ini terus meningkat.
Menurut data Google & Temasek, pembelian produk via e-Commerce di Indonesia di tahun 2017 mencapai US$ 10,9 miliar atau sekitar Rp 146,7 triliun. Angka ini naik drastis 41% dari angka US$ 5,5 miliar atau sekitar Rp 74 triliun pada 2015.
Itu berkat adanya inovasi toko online berbasis aplikasi yang terbukti sangat efektif karena di Indonesia pembelian barang-barang melalui e-Commerce terus naik. Secara umum, penetrasi ritel berbasis online di Indonesia memang baru mencapai 1,8%dari total keseluruhan penjualan. Namun ke depan, platform online diperkirakan akan semakin meningkat.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan e-Commerce di Indonesia pada sensus ekonomi 2016 meningkat 17% atau 26,2 juta pelaku bisnis. Karena itu bisnis e-commerce pun semakin ramai.
STEVY WIDIA
Discussion about this post