youngster.id - Aktivitas berbelanja secara online meningkat di bulan Ramadan. Menariknya, terjadi peningkatan aktivitas berbelanja fashion pria.
Hal ini tercermin dari data hasil riset iPrice, yang menyebut aktivitas berbelanja produk busana (fashion) pria meningkat sebesar 467,7%, sedangkan wanita hanya meningkat 249,3% selama ramadan, di banding bulan sebelumnya.
Dalam keterangan resminya, iPrice menyebut secara keseluruhan memang wanita lebih banyak melakukan aktivitas belanja saat Ramadan atau menjelang Lebaran, namun ternyata kali ini ternyata aktivitas belanja untuk produk fashion pria lebih tinggi ketimbang wanita.
Riset iPrice ini dilakukan dengan menggunakan data transaksi dan perilaku lebih dari 200 ribu konsumen fashion muslim di platform Tokopedia selama periode dua minggu pertama Ramadan tahun ini. Ada beberapa tren fashion muslim yang diminati oleh pria ketika bulan Ramadan, beberapa diantaranya adalah peci (28%), sarung (25%) dan baju koko (17%). Kebanyakan pria memilih baju koko sebagai atasan untuk berpenampilan selama Ramadan. Sedangkan, sebanyak 13% konsumen lainnya memilih produk gamis sebagai atasan.
Tidak banyak produk penutup kepala yang ditawarkan untuk pria. Namun, jika membandingkan antara produk peci dan sorban, iPrice mencatat bahwa peci adalah pilihan mayoritas pria, yakni sebesar 86%. Sedangkan, 14% pria memilih untuk membeli sorban. iPrice mencatat, para pria lebih senang membeli penutup kepala berwarna polos ketimbang yang bermotif. Peci maupun sorban yang bermotif polos lebih disukai oleh 94% pembeli dibandingkan dengan motif semarak yang hanya disukai 6% pembeli.
Di samping itu, iPrice juga mencatat beberapa fashion muslim item yang diminati oleh wanita selama Ramadan kali ini. Pertama, penjualan mukena katun. Tercatat, penjualan mukena katun tumbuh hingga 3,6 kali lipat dan menjadi item yang terlaris di kalangan wanita selama bulan Ramadan.
Meski demikian, data iPrice mencatat bahwa persentase belanja fashion muslim di platfom e-commerce Tokopedia masih didominasi oleh wanita dengan persentase 61,4%. Sementara, persentase belanja pria tercatat sebesar 38,6% selama Ramadan kali ini.
Riset iPrice juga menyebutkan, dari total 100 % penjualan produk fashion muslim wanita, mukena katun mengambil porsi penjualan sebesar 17%. Produk terlaris berikutnya adalah kaftan dengan persentase 11% dan gamis polos sebesar 8%. Adapun, penjualan produk kaftan selama bulan Ramadan kali ini tumbuh hingga 7 kali lipat dari periode sebelum Ramadan.
Tercatat juga, produk gamis merupakan produk yang paling banyak dibeli oleh para wanita selama bulan Ramadan, yakni sebanyak 62%. Produk gamis ini mengalahkan pembelian produk kaftan, abaya dan tunik.
STEVY WIDIA
Discussion about this post