Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Belanja Online Produk FMCG Berpeluang Tumbuh Cepat

28 Agustus 2017
in News
Reading Time: 2 mins read
Belanja Online Produk FMCG Berpeluang Tumbuh Cepat

Barang konsumsi cepat habis (fast moving consumer goods/FMCG). (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Belanja barang konsumsi cepat habis atau disebut fast moving consumer goods (FMCG) melalui e-commerce bakal tumbuh pesat.Untuk Indonesia fokus utama masih berada pada upaya peningkatan angka penetrasi pasar e-commerce.

Nadya Ardianti, direktur komersial Kantar Worldpanel Indonesia mengungkapkan, transaksi FMCG di pasar e-commerce masih meningkat dengan laju pertumbuhan dua digit. Demikian juga yang terjadi di beberapa negara maju yang pasarnya masih sangat ekspansif.

“Untuk Indonesia, fokus utama masih berada pada upaya peningkatan angka penetrasi pasar e-commerce, dengan cara mendorong masyarakat untuk berbelanja produk FMCG secara online. Namun, masih ada beberapa hal yang dianggap sebagai halangan bagi pembelanjaan online,” katanya dalam keterangan resmi Minggu (27/8/2017).

Baca juga :   TikTok Shop Kenakan Biaya Proses Pemesanan dan Perubahan Komisi Platform

Berdasarkan riset Kantar Worldpanel tahun 2016, sebanyak 1,9% rumah tangga di daerah perkotaan atau urban Indonesia melakukan hal tersebut.

Nadya mencontohkan, konsumen tidak merasa nyaman karena tidak dapat melihat produk secara langsung, dan tidak bisa membayar secara tunai saat belanja online. Konsumen juga tidak mendapatkan kepastian tentang produk dan harga yang ditawarkan dan seringnya promosi membuat konsumen merasa khawatir akan kualitas produk.

Peningkatan belanja online dipicu dua faktor utama. Pertama, konsumen dari berbagai lapisan ekonomi menyukai penawaran yang menguntungkan. Kedua, keinginan konsumen untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan akses dalam berbelanja.

Menurut Nadya, untuk Indonesia fokus utama masih berada pada upaya peningkatan angka penetrasi pasar e-commerce, dengan cara mendorong masyarakat untuk berbelanja produk FMCG secara online. Namun, masih ada beberapa hal yang dianggap sebagai halangan bagi pembelanjaan online.

Baca juga :   Tiktok Siapkan E-Commerce Masuk Indonesia

Melihat tren saat ini, dia berharap pasar online akan terus bertumbuh pada sektor FMCG. Namun, para pelaku bisnis FMCG di Indonesia tetap perlu memperhatikan agar tidak meninggalkan fokusnya pada pasar offline bersamaan dengan terus mengeksplorasi kesempatan pada sektor e-commerce.

“Hal ini dikarenakan baik saluran penjualan online maupun offline memiliki peranan yang sama penting dalam menarik minat konsumen,” ujarnya.

General Manager Kantar Worldpanel Indonesia, Venu Madhav, menyampaikan bahwa berdasarkan data dari Kantar Worldpanel, bisnis e-commerce di negara-negara seperti China, Taiwan, dan Korea mengalami pertumbuhan lebih dari 30% dibandingkan dengan tahun lalu.

Negara-negara tersebut memiliki proporsi pasar penjualan barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG) lewat portal e-commerce yang lebih besar dibandingkan dengan negara-negara maju, seperti Amerika Serikat ataupun Eropa.

Baca juga :   Kolaborasi Modal Rakyat dan Gokomodo Permudah Petani Peroleh Fasilitas Kredit

STEVY WIDIA

Tags: Belanja barang konsumsi cepat habise-commercefast moving consumer goods (FMCG)
Previous Post

IT Telkom Purwokerto, Institut Teknologi Pertama di Jawa Tengah

Next Post

Negara Harus Mampu Berinovasi Dalam Penerapan IoT

Related Posts

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Load More
Next Post
Negara Harus Mampu Berinovasi Dalam Penerapan IoT

Negara Harus Mampu Berinovasi Dalam Penerapan IoT

Tiga Hackhletes Juara Hackathon RIoT 2017

Tiga Hackhletes Juara Hackathon RIoT 2017

Brand Lokal Masih Yang Terkuat

Brand Lokal Masih Yang Terkuat

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version