youngster.id - Laporan Redseer Strategy Consultans mengungkap bahwa rata-rata orang Indonesia akan menghabiskan rata-rata Rp4,8 juta selama Ramadan. Hal ini lebih tinggi dibandingkan negara-negara dengan populasi muslim besar lainnya, seperti Timur Tengah dan Afrika Utara hingga Arab Saudi. Data ini menunjukkan tingginya daya beli masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan 2025.
Antusiasme masyarakat Indonesia ini juga ditunjukkan sejak minggu-minggu sebelumnya. Redseer mengungkap pola kebiasaan belanja masyarakat Indonesia menjelang Ramadan dimulai dengan peningkatan belanja kebutuhan sehari-hari bahkan sebelum Ramadan berlangsung, diikuti kategori fesyen, elektronik, dan dekor rumah di minggu-minggu setelahnya.
Potensi belanja masyarakat Indonesia yang besar selama bulan Ramadan menghadirkan kesempatan bagi pelaku ekonomi digital, khususnya eCommerce seperti Lazada, untuk memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi pelanggan.
Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo mengatakan, untuk memudahkan pelanggan memenuhi semua kebutuhan di bulan Ramadan, Lazada menggelar rangkaian Lazada Ramadan Sale dari tanggal 25 Februari – 3 April 2025.
“Kami memahami kebutuhan belanja yang besar dan variatif selama bulan Ramadan. Karenanya Lazada Ramadan Sale yang berlangsung lebih dari sebulan penuh pun kami rancang agar sesuai dan relevan dengan kebutuhan yang dinamis, mendukung berbagai kegiatan khas dan tradisi di bulan suci Ramadan yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat,” kata Amelia dikutip dari keterangannya, Selasa (4/3/2025).
Menurut Amelia, Lazada Ramadan Sale kali ini akan memberikan penawaran-penawaran menarik seperti harga spesial serba Rp14.460. Harga ini berlaku untuk berbagai kebutuhan Ramadan, mulai dari kurma, bahan pokok, dan minuman isotonik, hingga kesempatan mendapatkan buka puasa ‘gratis’ setiap hari. Khusus di Lazada 3.3 yang sedang berlangsung hingga 7 Maret, ada voucher bonus sampai dengan Rp500.000 yang bisa dikumpulkan pelanggan hanya dengan mengunjungi aplikasi Lazada.
Selain itu, serupa dengan temuan Redseer, Lazada juga mencatat peningkatan transaksi belanja pada kategori kebutuhan sehari-hari. Produk yang laris khususnya adalah biskuit, snack, makanan instan, makanan siap masak, serta kopi. Selain bahan makanan yang bisa membantu mempersiapkan santapan yang praktis untuk sahur maupun berbuka, penjualan berbagai multivitamin juga meningkat.
Melengkapi kemudahan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan harian, tahun ini Lazada juga menyiapkan ribuan paket buka puasa ‘gratis’. Pelanggan hanya perlu membayar Rp1 untuk voucher paket makanan dan minuman di aplikasi Lazada setiap pukul 12.00. Paket-paket ini tersedia setiap hari hingga 31 Maret 2025.
Sebagai promo puncak, Lazada menggelar Ramadan Mega Sale mulai dari tanggal 16 Maret (mulai pukul 20.00) hingga 21 Maret. Ada kejutan berupa umroh gratis yang bisa didapatkan dengan bermain Lucky Egg dan mengumpulkan diamond mulai dari tanggal 10 Maret. Pelanggan juga punya kesempatan memiliki motor Grand Filano dengan diskon 50% yang bisa dibeli pada pukul 00.00 setiap hari, di periode gelaran Lazada Ramadan Mega Sale.
STEVY WIDIA
Discussion about this post