Berikan Fasilitas Perangkat Teknologi, Lenovo Gelar Global Month of Service (GMOS) 2022

lenovo-love-on

Berikan Fasilitas Perangkat Teknologi, Lenovo Gelar Global Month of Service (GMOS) 2022 (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Dengan misi untuk menyediakan Teknologi yang Lebih Cerdas untuk Semua dan memberdayakan komunitas melalui teknologi dan peluang, Lenovo kembali hadir dengan program filantropi tahunannya, Lenovo Global Month of Service (GMOS). 

Sebagai program global yang diprakarsai oleh Lenovo,  Global Month of Service ini bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi komunitas lokal, sejalan dengan misi Lenovo Foundation untuk memberdayakan populasi yang kurang terwakili dengan akses ke teknologi dan pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Math).

Budi Janto, General Manager Lenovo Indonesia mengatakan, sebagai perusahaan teknologi pihaknya bangga dapat melaksanakan Global Months of Service 2022 di Indonesia dengan berkontribusi melalui pemberian fasilitas perangkat dan layanan terbaik dari Lenovo agar bisa mendukung transformasi digital dan meningkatkan literasi digital para pendidik sehingga siswa dapat sepenuhnya memanfaatkan e-learning dan siap untuk karir digital di masa depan.

“Kami percaya bahwa untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik dimulai dari konektivitas dan teknologi yang lebih cerdas untuk semua. Bagi para generasi muda yang tumbuh dengan teknologi, komputasi yang dipersonalisasi dan teknologi yang muncul pasti memberikan banyak pembelajaran, partisipasi, dan kreativitas baru,” ujar Budi, Senin (17/2022).

Dalam kesempatan kali ini, terdapat tiga kegiatan Global Month of Service (GMOS) tahun 2022, yaitu: pertama, Pembangunan Laboratorium Komputer di SDN Rawa Barat 05 – Jakarta Selatan. Mengawali kegiatan Global Month of Service 2022, Lenovo telah memberikan kontribusi pembangunan laboratorium komputer dengan donasi komputer ke SDN Rawa Barat 05 yang berlokasi di Blok S, Jakarta Selatan. Lebih dari 450 siswa dari kalangan masyarakat yang kurang terlayani dan memiliki keterbatasan akses teknologi yang sedang belajar di SDN Rawa Barat 05 akan mendapatkan manfaat dan kemampuan dengan akses ke teknologi. Ini juga merupakan lab komputer ke-6 yang dibangun Lenovo Indonesia dalam 4 tahun terakhir.

“Sebagai tenaga pengajar, kami merasa pelatihan dari Lenovo Indonesia sangat meningkatkan literasi digital untuk proses belajar hybrid.  Selain itu, lab komputer merupakan sarana bagi siswa kami untuk dapat mengembangkan bakat dan minat mereka terhadap dunia teknologi. Kami berharap semoga kerjasama antara pihak sekolah dengan Lenovo Indonesia dapat terus terjalin, sehingga kedepannya kami dapat terus mendapatkan informasi terkini terkait perkembangan teknologi dalam dunia edukasi maupun program lain yang relevan.” tutur Sukini, Kepala Sekolah  SDN Rawa Barat 05 Jakarta Selatan.

Kedua, Donasi Komputer dan Pelatihan di Panti Asuhan PSAA Putra Utama 3 – Jakarta Selatan. Tidak hanya memiliki akses ke perangkat teknologi, peningkatan literasi dan pelatihan digital juga sama pentingnya. Lenovo memberikan bantuan komputer dan pelatihan komputer termasuk Microsoft Office kepada 160 anak di Panti Asuhan PSAA Putra Utama 3 Tebet, Jakarta Selatan. Pelatihan ini berlangsung selama 10 minggu dengan 20 sesi dilakukan dua kali seminggu. Pelatihan Microsoft Office ini mencakup tiga perangkat lunak dasar yakni, MS Word, MS Excel, dan MS PowerPoint, sebagai bekal pengetahuan teknologi yang diperlukan untuk mempersiapkan karir digital di masa depan.

“Kami merasa sangat senang menerima perangkat Laptop Lenovo untuk para anak asuh kami pada program CSR sebelumnya di tahun 2020, sangat membantu proses pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Dengan donasi lainnya  yang diberikan tahun ini, kami percaya ini akan mendorong semangat belajar anak asuh kami dalam pengenalan teknologi komputer kedepannya. Sehingga, membantu dalam pengembangan kemampuan mereka dengan bantuan teknologi untuk dapat  bersaing di dunia luar,” kata Vivi Kafilatul Jannah, Kepala Panti Asuhan PSAA Putra Utama 3.

Ketiga, Pelatihan Microsoft Office dan Donasi Buku di SRA (Sekolah Rakyat Ancol) – Ancol Barat, Jakarta Utara. Menurut Budi, Lenovo memahami bahwa keterampilan dan kompetensi digital perlu dikembangkan agar lembaga pendidikan dan siswa dapat sepenuhnya memanfaatkan ruang kelas cerdas dan e-learning. Pelatihan Microsoft Office juga telah diberikan kepada 80 siswa kurang mampu di Sekolah Rakyat Ancol (SRA) oleh karyawan Lenovo selama 10 minggu, dengan total 20 sesi dilakukan dua kali seminggu.

Selain itu, Lenovo juga memberikan donasi buku untuk Perpustakaan Keliling (Smart Car Library) yang dioperasikan oleh Sekolah Rakyat Ancol. Perpustakaan keliling ini akan mengunjungi beberapa daerah di Jakarta dan memberikan kesempatan kepada anak-anak dari kalangan kurang mampu untuk membaca segala jenis buku seperti pengetahuan umum, cerita anak, maupun profil tokoh-tokoh dunia yang dapat mengembangkan pengetahuan mereka.

“Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam Lenovo Global Month of Service 2022, dan mendukung transformasi digital serta peningkatan literasi digital masyarakat. Lenovo Indonesia berharap layanan dan solusi komprehensif kami dapat memberikan pendidik dan siswa akses ke teknologi yang lebih cerdas dan dibutuhkan untuk mempersiapkan masa depan digital dengan dukungan terhadap percepatan transformasi digital di Indonesia,” tutup Budi.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version