youngster.id - Untuk mendorong peran signifikan UMKM terhadap perekonomian nasional, Tokopedia bersama berbagai mitra strategis mengupayakan sejumlah inisiatif, salah satunya Beli Lokal. Kini sudah ada lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia yang mayoritas UMKM. Secara nasional, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%.
Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengatakan, Tokopedia dan ShopTokopedia bersinergi dengan mitra strategis untuk memberikan panggung lebih luas bagi pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM, serta mempermudah masyarakat mengakses produk lokal.
“Misalnya, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) meluncurkan kampanye dan fitur Beli Lokal pada momen tanggal kembar Desember 2023 untuk memberikan etalase khusus bagi brand lokal, dan mendorong lebih banyak masyarakat memakai produk lokal,” kata Aditia, Kamis (8/8/2024).
Beli Lokal membawa berbagai dampak positif. Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain: Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat. Adapun, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 9 kali lipat. (Sumber: Tokopedia, Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023 – Data Nasional/Indonesia)
Sejumlah wilayah penjual di halaman Beli Lokal ShopTokopedia mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: Sulawesi Barat, Bali, dan Sulawesi Tengah, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat. Adapun, beberapa produk dari penjual di halaman Beli Lokal pada ShopTokopedia dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: buku dan majalah, perlengkapan renovasi rumah, dan sepatu, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat. (Sumber: ShopTokopedia, rata-rata harian saat kampanye Beli Lokal pada April 2024 dibandingkan Juli 2024 -Data Nasional/Indonesia).
Dengan mengikuti kampanye Beli Lokal, para penjual merasakan dampak positif. Contohnya, brand lokal batik, Hadinata Batik (Solo, Jawa Tengah), yang mengalami peningkatan penjualan hingga 3 kali lipat setelah mengikuti beragam inisiatif dari Tokopedia maupun ShopTokopedia, salah satunya Beli Lokal.
Albert Pratama, Founder dan Direktur Hadinata Batik mengatakan, melalui bisnis batik ini pihaknya berhasil membuka lapangan pekerjaan untuk sekitar 250 orang, yang terdiri dari karyawan toko maupun penjahit. Hadinata Batik kini memiliki 8 toko offline di sejumlah wilayah, yaitu 2 di Solo, dan yang lainnya ada di Yogyakarta, Semarang, Gresik, Surabaya, Bandung, dan Malang. Produk Hadinata Batik juga bisa ditemukan di sekitar 30 departement store di daerah di Indonesia.
Walau bisnis ini sudah tergolong sustain, Albert bersama Hadinata Batik terus mempertahankan bahkan mempercepat laju bisnis lewat pemanfaatan platform digital. Hadinata Batik bergabung dengan Tokopedia sejak pertengahan tahun 2019.
“Sejak memulai dan membangun bisnis bersama Tokopedia, Hadinata Batik mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia hingga menghasilkan kenaikan omzet lebih dari 10 kali lipat,” ucap Albert.
STEVY WIDIA
Discussion about this post