Berkat Pandemi Corona, Bos Zoom Masuk Daftar Orang Terkaya

Eric Yuan, Founder & CEO Zoom (Foto: Twitter)

youngster.id - Pandemi Covid-19 justru membawa berkah tersendiri bagi perusahaan penyedia aplikasi konferensi video Zoom. Pasalnya, Zoom mampu mencatatkan kinerja positif selama pandemi virus corona. Ini membuat CEO Zoom Eric Yuan masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia.

Layanan Zoom dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat dunia untuk bekerja dan belajar dari rumah selama pandemi Covid-19. Jumlah pelanggan korporasi dengan 10 pegawai lebih pun meningkat 485% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 433.700. Hal itu membuat pendapatan perusahaan melonjak empat kali lipat yoy menjadi US$ 777,2 juta pada kuartal ketiga.

Alhasil, kinerja saham Zoom termasuk yang terbaik di NASDAQ pada tahun 2020. Capaian itu tentunya berkontribusi pada kekayaan pendiri dan CEO Zoom Eric Yuan.

Berdasarkan data FactSet, Yuan memiliki 22% saham senilai US$ 9 miliar lebih saat Zoom mencatatkan saham perdana atau initial public offering (IPO) pada tahun lalu. Kini, nilainya diperkirakan naik menjadi US$ 17 miliar. Sedangkan penghasilan diprediksi US$ 777,2 juta. Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, aset Yuan melonjak US$ 14,6 miliar sejak awal tahun sehingga mencapai US$ 18,2 miliar.

Rencananya, Yuan akan fokus mempertahankan basis pengguna dalam jangka panjang pada 2021. Zoom dikabarkan akan memperluas layanan dengan menawarkan platform email yang diuji coba awal tahun depan.

Zoom juga disebut-sebut bakal meluncurkan aplikasi kalender. Namun, belum jelas waktu peluncurannya. Upaya perusahaan itu juga dilakukan agar bisa bersaing dengan raksasa teknologi asal AS Microsoft dan Google. Ini dilakukan ketika pertumbuhan jumlah pelanggan korporasi dengan 10 pegawai lebih Zoom mulai melambat dari 40% pada kuartal I dan II, menjadi 17% di kuartal III.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version