youngster.id - Divisi jasa keuangan Astra Group, Astra Financial bersama unit bisnisnya telah mencatat pencapaian yang cukup baik di semester I 2023. Strategi pengembangan bisnis dan digitalisasi memberi dampak pada kinerja.
Laba bersih divisi jasa keuangan Grup meningkat 32% menjadi Rp3,8 triliun selama semester pertama pada tahun 2023 dibandingkan dengan semester pertama tahun 2022.
Nilai pembiayaan baru pada bisnis pembiayaan konsumen juga mengalami peningkatan sebesar 27% menjadi Rp59,8 triliun. Kontribusi laba bersih dari perusahaan grup yang fokus pada pembiayaan mobil meningkat 36% menjadi Rp1,1 triliun.
PT Toyota Astra Financial Services (TAF), merupakan gabungan dari PT Astra International dan Toyota Financial Services, mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif di semester-1 2023 dengan membukukan laba bersih Perusahaan sebesar 40% menjadi Rp338 miliar dibandingan periode yang sama tahun 2022.
Lebih rincinya TAF berhasil membukukan pertumbuhan penyaluran Pembiayaan (Amount Finance) sebesar 37% pada semester-1 2023 menjadi Rp12,9 triliun dibanding semester-1 2022. Pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (Unit Finance) pada semester-1 2023 yang mencapai 63 ribu unit atau naik 36% dibanding periode yang sama tahun 2022.
PT Astra Sedaya Finance (ASF) salah satu perusahaan pembiayaan di grup Astra Credit Companies (ACC) selama semester 1 2023 berhasil membukukan pembiayaan sebesar Rp18,3 Triliun, meningkat 18% dibanding semester 1 tahun 2022. ASF juga mengalami peningkatan 13% atas unit yang dibiayai yaitu sebanyak 103.000 unit kendaraan.
Laba bersih ASF juga mengalami kenaikan 35% di semester 1 tahun 2023 ini yaitu sebesar Rp 917 Miliar. Total Aset ASF juga mengalami peningkatan 15% pada semester 1 tahun 2023 ini.
“Peningkatan kinerja di semester 1 ini dan juga didukung dengan produk dan layanan pembiayaan dengan solusi total membuat ASF optimis dapat meraih target tahun 2023,” kata pihak Astra Financial dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/08/2023).
PT Federal International Finance (FIF), anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, membukukan pertumbuhan kinerja positif pada kuartal-I 2023 dengan kenaikan laba bersih perusahaan sebesar 25,8% menjadi Rp944,4 miliar dibanding periode yang sama tahun 2022 senilai Rp750,8 miliar.
Secara rinci, PT FIF berhasil membukukan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan (Amount Finance) sebesar 30,8% pada kuartal-I 2023 menjadi Rp10,6 triliun dibanding kuartal-I 2022 yang mencapai Rp8,1 triliun.
Pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (booking unit) pada kuartal-I 2023 yang mencapai 799 ribu unit atau naik 20% dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai 666 ribu unit, didukung oleh lima lini bisnis FIFGROUP, yaitu pembiayaan sepeda motor baru (FIFASTRA), pembiayaan multiguna (DANASTRA), pembiayaan multiproduk (SPEKTRA), pembiayaan usaha mikro (FINATRA), dan pembiayaan syariah (AMITRA).
Dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, FIFGROUP menghadirkan layanan baru yaitu FINATRA yang berfokus terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Pengembangan bisnis juga dilakukan oleh ACC melalui layanan ACC Yes!, ACC ONE, ACC Digital Seamless Experience, dan ACC ONE On The Web. Dengan inovasi yang berkelanjutan dan keberagaman produk, TAF menghadirkan mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services, yang telah terintegrasi dengan sentralisasi layanan pembiayaan TAF.
Tak hanya itu, untuk dapat menjangkau kebutuhan konsumen kapanpun dan dimanapun, Astra Financial juga mengembangkan layanan digitalnya. FIFGROUP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya salah satunya dengan meluncurkan virtual customer service (Fiona) pada tahun 2019, yang siap melayani konsumen selama 24 jam setiap hari pada aplikasi mobile.
Sama halnya dengan ACC yang selalu mengedepankan customer satisfaction, pelayanan mulai dari pengajuan pembiayaan sampai kebutuhan informasi dapat dilakukan hanya melalui ACCONE app yang diluncurkan pada 2019 atau ACC ONE on the web yang telah diluncurkan sejak 2021.
Mengedepankan teknologi dalam pelayanan pembiayaan, TAF meluncurkan produk bernama FLEXI pada tahun 2021, yang memiliki kecanggihan dan kebebasan, sehingga setiap konsumen dapat mengatur cicilan setiap bulannya sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing.
“Astra Financial optimis tingkatkan capaian yang lebih baik pada kuartal ketiga tahun 2023,” pungkasnya.
Astra Financial mengelola 14 entitas bisnis di 9 industri. Di antaranya Consumer Financing (FIFGROUP, ACC, dan TAF), Insurance (Asuransi Astra dan Astra Life), Heavy Equipment Financing (KAF dan SANF), Fintech (MauCash), E-Money (AstraPay), Digital Ventures (MOXA dan SEVA), Venture Capital (Astra Ventura), Pension Fund (Dana Pensiun Astra), dan Bank (Bank Jasa Jakarta). (*AMBS)