Rabu, 29 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Berkolaborasi dengan CGV, IOH Gelar Kompetisi Film Pendek Berhadiah Rp100 Juta

6 September 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
IOH x CGV

Berkolaborasi dengan CGV, IOH Gelar Kompetisi Film Pendek berhadiah Rp100 juta (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama CGV meresmikan program literasi digital Save Our Socmed (S.O.S) melalui kompetisi film pendek. Program ini ditujukan untuk pelajar, mahasiswa, dan umum dengan total hadiah Rp100 juta.

S.O.S. disertai dengan pelatihan pembuatan film gratis di bioskop-bioskop CGV di 10 kota Indonesia bagi para pendaftar. Acara dengan tema “Waspada Flex Culture, Stay Humble!” ini diinisiasi menanggapi fenomena flexing, di mana banyak anak-anak Gen-Z makin kerap memamerkan kekayaan dan menyombongkan diri di media sosial yang memberi dampak negatif. Sebab, flexing menyebabkan rasa fear of missing out (FOMO), kurang percaya diri, merusak mental pribadi, dan mempengaruhi produktivitas.

Lewat S.O.S, IOH berharap bisa menginspirasi anak muda Indonesia agar menggunakan internet untuk hal-hal produktif, kreatif, dan positif. Hal ini sejalan dengan misi perusahaan untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia.  Peresmian program literasi digital S.O.S turut mengundang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta melibatkan berbagai universitas dan komunitas.

Baca juga :   Go-Jek Gelar Hari Kuliner Nasional Go-Food di Makassar

Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah mengatakan, lewat program ini pihaknya ingin memberikan keterampilan digital dan mengajak anak muda untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana  meningkatkan kreativitas dengan membuat konten positif.

“Sehingga, anak muda yang jadi pengguna terbesar internet bisa memamerkan kreativitas mereka alih-alih terbawa flex culture,” ucap Buldansyah, Senin (5/9/2022).

Pasalnya, berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dari total 210 juta pengguna internet Indonesia periode 2021–2022, sebanyak 99,16% pengguna ada di kelompok usia 13-18 tahun.

Meski pengguna internet di kalangan anak muda sangat besar, namun data Digital Civility Index (DCI) Microsoft menunjukkan terdapat peningkatan konten dan perilaku negatif di media sosial. Berdasarkan survei tersebut, 30% responden menyebut kesopanan di sosial media memburuk selama pandemi, tolong-menolong berkurang 11%, sikap tidak saling mendukung berkurang 8%, rasa kebersamaan juga menurun 11%.

Baca juga :   MCAS Capai Kenaikan Pendapatan 139,3% di 2018

Dampaknya, flex culture menjadi kontributor yang menyebabkan lebih dari 19 juta anak-anak Indonesia berusia 15 tahun ke atas mengalami depresi (Riskesdas, 2018)

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis, Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Fadjar Hutomo, menyampaikan, “Kami berharap lewat pelatihan dan kompetisi film pendek S.O.S ini bisa menjadi media pembelajaran bagi anak muda Indonesia untuk memamerkan kreativitas. Sehingga, media sosial bisa menjadi wadah untuk membuat konten positif.”

Setelah mendaftar dalam kompetisi film, peserta S.O.S akan menerima pelatihan pembuatan film pendek dan edukasi mengenai dampak negatif Flex Culture. Hasil karya mereka lantas dilombakan dan seluruh peserta akan diajak untuk bersama-sama menyaksikan karya-karya yang terpilih.

“Kami sangat mendukung kegiatan yang mengeksplorasi kreativitas anak muda sekarang. Kami berharap lewat ajang ini bisa mengangkat bakat-bakat terpendam untuk memajukan dunia perfilman Indonesia. Kami percaya anak muda Indonesia punya banyak ide-ide luar biasa,” imbuh Direktur CGV, Haryani Suwirman.

Baca juga :   Jatim Akan Jadi Kawasan Ekonomi Berbasis Digital

Literasi Digital S.O.S dilaksanakan untuk meneruskan kesuksesan S.O.S pada tahun 2021 lalu. Lewat kegiatan CSR pilar pendidikan digital ini, IOH membuat kompetisi dan webinar terkait cyber bullying, hoaks, dan kekerasan berbasis gender online (KBGO). Hasil seluruh karya dari peserta kompetisi tersebut berhasil disaksikan oleh 2,3 juta penonton.

Produser Maxima Pictures, Ody Mulya Hidayat mengatakan, melalui Program Literasi Digital ini diharapkan bisa menggali potensi anak muda Indonesia yang luar biasa.

“Saya yakin mereka bisa menjadi penggerak industri perfilman di Indonesia ke depan. Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan seperti ini, di samping itu program ini juga memiliki nilai edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Ody.

 

HENNI SOELAEMAN

Previous Post

Bukalapak dan Standard Chartered Rilis Layanan Bank Digital

Next Post

Startup Skoring Kredit SkorLife Dapat Pendanaan Pra-Awal Rp32 Miliar

Related Posts

Bank KB Bukopin
News

Bank KB Bukopin Mendapatkan Pendanaan Sebesar Rp4,41 Triliun dari IFC

29 Maret 2023
0
Sociolla 8 Anniversary
News

Sociolla Sambut Perubahan Tren Kecantikan Usai Pandemi

29 Maret 2023
0
Indonesia AI
News

Indonesia AI Hadirkan Edutech Untuk Atasi Talent Gap di Bidang Kecerdasan Artifisial

29 Maret 2023
0
Load More
Next Post
SkorLife

Startup Skoring Kredit SkorLife Dapat Pendanaan Pra-Awal Rp32 Miliar

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Nusa Kreasi, Perangkat Media Pembelajaran Budaya Dengan Mainan

NFT

OneAset Luncurkan Marketplace NFT Pertama dengan Fitur Komunitas

Discussion about this post

Berita Terbaru

Bank KB Bukopin

Bank KB Bukopin Mendapatkan Pendanaan Sebesar Rp4,41 Triliun dari IFC

29 Maret 2023
0
Modalku

Dukung Keberlanjutan Bisnis UMKM, Fintech Grup Modalku Implementasikan ESG

29 Maret 2023
0
Sociolla 8 Anniversary

Sociolla Sambut Perubahan Tren Kecantikan Usai Pandemi

29 Maret 2023
0
Indonesia AI

Indonesia AI Hadirkan Edutech Untuk Atasi Talent Gap di Bidang Kecerdasan Artifisial

29 Maret 2023
0
Every U Does Good Heroes 2022

Program Every U Does Good Heroes 2022 Pilih 10 Sosiopreneur Muda Pembawa Perubahan

29 Maret 2023
0
pemenang bangunan ikonik Indonesia

Promosikan Bangunan Ikonik Indonesia, PUBG Mobile Diapresiasi Menparekraf

28 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version