youngster.id - Untuk mendorong layanan bagi masyarakat nonbank, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama penyedia jasa uang elektronik Go-Pay. Hasil dari kerja sama ini diharapkan bisa mendorong masyarakat memiliki akun di perbankan dengan melakukan pembayaran elektronik di BRI.
Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto mengungkapkan, sinergi BRI dan Go-Pay diyakini bisa memberikan kontribusi untuk akselerasi inklusi dan literasi keuangan di Indonesia. Pada tahap pertama, kolaborasi kedua perusahaan ini melingkupi kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran elektronik tagihan Bank BRI (e-government dan e-billing), akses pada layanan dan produk Bank BRI bagi mitra dan merchant yang ada dalam ekosistem Go-Jek, serta karyawan Go-Pay dan Go-Jek.
“Harapan kami dengan adanya kerja sama ini mampu meningkatkan penetrasi produk dan layanan perbankan BRI di seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya dalam keterangan pers, baru-baru ini Jakarta.
BRI melihat inovasi teknologi sebagai sebuah peluang untuk menjangkau lebih banyak masyarakat mengakses produk dan layanan perbankan.
“Kami optimistis dengan sinergi ini mampu memberikan added value bagi kedua pihak yang terlibat,” ungkap Sis Apik. Ia menambahkan kerja sama ini sekaligus membuktikan bahwa fintech mampu menjadi partner strategis bagi perbankan di Indonesia.
Dia menilai BRI dan Go-Pay yang memiliki kekuatan masing-masing yang dapat saling mengisi. BRI memiliki jangkauan yang luas hingga pelosok Tanah Air dan produk perbankan yang beragam untuk semua kalangan, sedangkan Go-Pay membawa keunggulan solusi teknologi yang dimilikinya. BRI percaya kolaborasi ini mampu mendekatkan akses keuangan di seluruh lapisan masyarakat.
“Go-Pay diharapkan bisa menjadi jembatan bagi bank untuk mengakses layanan yang ada dari mitra-mitra kami, pengguna kami yang belum miliki akun bank. Bahkan, bagi yang sudah memiliki akses bank akan lebih mudah lagi. Kami dari awal bermimpi untuk menjadi jembatan bagi mitra kami pengguna kami,”kata Aldi Haryopratomo CEO Go-Pay.
Menurut Aldi, kerja sama antara fintech seperti Go-Pay dengan perbankan cara paling tepat untuk memberikan akses layanan keuangan kepada jutaan keluarga yang hingga kini masih belum terjangkau oleh bank. “Di sisi pengguna Go-Pay, mereka bisa semakin mudah melakukan pembayaran elektronik untuk tagihan BRI. Sementara mitra dan merchant bisa memiliki kemudahan akses untuk produk layanan BRI,” katanya lagi.
Kolaborasi perbankan dan fintech seperti yang dilakukan BRI dan Go-Pay juga bisa membantu Pemerintah memenuhi target inklusi keuangan sebesar 75% pada 2019. Saat ini, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNILK) tahun 2016 yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan, indeks literasi keuangan mencapai 29,66% dan indeks inklusi keuangan mencapai 67,82%.
STEVY WIDIA
Discussion about this post