Bikin Konten Berkualitas Jadi Makin Mudah dengan Kamera Mirrorless Ringkas Ini

Canon EOSR50

Konten kreator menggunakan Canon EOSR50. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Belakangan ini, profesi sebagai konten kreator semakin diminati terutama di kalangan anak muda. Untuk membuat konten foto dan video berkualitas tentu tidak saja butuh kreativitas tetapi juga perangkat kamera yang mumpuni, namun tetap mudah dioperasikan.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Canon melalui PT Datascrip menghadirkan Canon EOS R50. Ini adalah kamera mirrorless APS-C dengan sistem R ini hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan, namun memiliki kemampuan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan berbagai fitur otomatis yang mudah dioperasikan.

“EOS R50 ini meneruskan kamera EOS M50 Mark II yang sudah populer di kalangan anak muda sebagai kamera andalan yang ringkas dan mudah digunakan oleh konten kreator. EOS R50 sangat cocok para konten kreator pemula yang mencari kamera dengan harga terjangkau, tapi memiliki kualitas gambar tinggi dan banyak fitur untuk video atau fotografi,” ucap Danni Nahason Assistant Marketing Manager Canon Business Unit PT Datascrip dalam keterangannya, Sabtu (15/4/2023).

Danni menjelaskan, kamera ini merupakan mirrorless APS-C seri EOS pertama yang dapat menghasilkan video 4K tanpa cropping (oversampled dari 6K) hingga kecepatan 30 frame per second (fps). “Oversampling ini menggunakan algoritma yang sama pada kamera Cinema EOS System yang membuat kualitas gambar terlihat professional,” ujarnya.

Dibekali prosesor DIGIC X, EOS R50 dapat melakukan perekaman video Full HD hingga 60 fps dan rekaman slow-motion hingga 120 fps.

“Untuk urusan fotografi, kamera ini mampu memotret dengan kecepatan 15 fps dengan electronic shutter dan 12 fps menggunakan mechanical shutter dalam mode Servo AF. Hal ini memberikan keleluasaan untuk pengambilan gambar bergerak dengan kecepatan tinggi,” kata Danni.

Pada kamera ini, pengguna bisa mendapatkan mode Movie for Close-up Demo, fokus dapat dengan cepat dan otomatis mengalihkan ke subjek yang paling dekat dengan kamera.

Sehingga saat membuat vlog review produk, pengguna dapat dengan mudah mengatur fokus yang diinginkan saat menunjukkan produk yang sedang di-review. Ditambah adanya fitur Focus Breathing Correction yang berfungsi untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus.

Selain unggul untuk pembuatan konten video, EOS R50 juga dapat diandalkan untuk fotografi. Sejumlah fitur kreatif baru yang cerdas semakin memudahkan pengguna untuk menghasilkan foto, bahkan untuk mereka yang pemula.

Menurut Danni, pengguna yang tidak terbiasa dengan istilah teknis fotografi bisa dengan mudah mendapatkan hasil foto layaknya fotografer profesional.  Seperti adanya fitur

Advanced A+, yang berfungsi untuk mendeteksi berbagai pemandangan yang sulit. Seperti pemandangan malam hari, makro, dan potret wajah dengan cahaya latar yang terang, serta mengambil banyak gambar sebelum digabungkan menjadi satu komposisi yang sempurna.

Lalu Creative Bracket, fitur ini secara otomatis menghasilkan beberapa versi bidikan dengan pengaturan kecerahan dan nada warna yang berbeda. Fitur ini akan menyenangkan pengguna yang suka bereksperimen dengan filter dan memilah warna gambar sesuai selera.

 “Selain itu ada Subject blur guide, fitur ini membantu pengguna berlatih teknik foto panning dan meningkatkan tingkat keberhasilan bidikan panning layaknya fotografer professional,” ujarnya.

EOS R50 juga dilengkapi dengan konektivitas yang beragam, seperti port USB C, Bluetooth, dan koneksi WiFi yang bisa digunakan untuk transfer data, kontrol jarak jauh dengan aplikasi Camera Connect ataupun untuk kebutuhan livestreaming, plug and play tanpa driver tambahan.

Saat ini seluruh kamera mirrorless dan lensa EOS R System telah bergaransi 2 tahun. Apabila konsumen memiliki masalah dapat langsung membawanya ke service center yang tersebar di kota–kota besar di Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version