Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Bisnis Berbasis Hobi Jadi Potensi di Masa Pandemi

15 November 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Planet 21, Upaya Hotel Kurangi Limbah

Bercocok tanam dan berkebum menjadi tren di masyarakat. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Saat pandemi memberikan tantangan ekonomi di sektor mikro dan makro, hal sebaliknya justru dialami oleh bisnis produk berbasis hobi. Perusahaan penyedia layanan web-hosting Niagahoster menilai, peluang yang hadir ini harus dimanfaatkan agar tidak hanya menjadi tren yang cepat berlalu.

Ayu Zikrina, Head of Brand & Market Development, Niagahoster mengatakan pentingnya pemilik bisnis produk hobi ini merencanakan ulang strategi pemasaran dan penjangkauan pelanggan agar mendapatkan keuntungan dengan maksimal.

“Para pemilik bisnis harus meninjau kembali keunikan produk dan kanal-kanal promosi yang digunakan. Pastikan melakukan proses promosi yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan dan tren orang di masa pandemi. Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih dikenal orang.” ungkap Ayunda Zikrina dalam keterangan pers nya Jumat (13/11/2020).

Baca juga :   Lanskap Fintech dan Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia Sepanjang Tahun 2022

Ayunda Zikrina menambahkan, membuat website toko online dapat dimulai dengan membuat halaman sederhana yang memuat informasi produk, lokasi penjualan, dan harga.

“Saat ini, kita dimudahkan dengan banyaknya pilihan tema murah bahkan gratis, hingga fitur otomatis langsung install yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis tanpa latar belakang teknis sekalipun,” pungkasnya.

Di Niagahoster, persentase pertumbuhan jumlah pemilik bisnis yang memiliki website naik sebesar 32,96% di bulan April 2020 dari bulan sebelumnya. Peningkatan jumlah pemilik bisnis yang go online ternyata sejalan dengan meningkatnya volume pencarian online di mesin pencari saat pandemi.

Google melaporkan pencarian dengan kata kunci “how to” (bagaimana cara) meningkat signifikan. Bahkan kata kunci “how to make dalgona coffee” (bagaimana cara membuat dalgona coffee) dan “how to make kimchi” (bagaimana cara membuat kimchi) naik 4,200% di bulan April.

Baca juga :   New Normal Percepat Transformasi Digital UMKM

Salah satu bisnis tanaman buah Tanaman Mart asal Cikarang, Bekasi mengaku mengalami pertumbuhan sebesar 57% di masa pandemi, hingga bulan Oktober 2020. Menurut Co-Founder Tanaman Mart, Ceppy Indra Bestari, selain karena tren hobi berkebun di tengah masyarakat urban, proses inovasi dan campaign produk yang cukup getol dilakukan oleh Tanaman Mart juga berpengaruh dalam mendorong pertumbuhan pendapatan.

“Peluang ini tidak boleh dilewatkan. Beberapa produk baru, seperti kelengkeng merah, pohon mangga lima jenis, kami promosikan khusus dan luncurkan selama pandemi” ucap Ceppy.

Tanaman Mart secara khusus memanfaatkan tren ini dengan memaksimalkan website sebagai sarana penjangkauan pelanggan. Melalui riset kata kunci dan update konten dengan rutin, Tanaman Mart mendominasi kata kunci di beberapa pencarian populer tentang hobi berkebun, penjualan bibit, dan lainnya.

Baca juga :   UKM Diyakini Jauh Lebih Siap Pada PSBB Kali Ini

“Orang menggunakan handphone dan (melakukan) browsing lebih lama saat pandemi, karena (mereka beraktivitas) di rumah. Kami memanfaatkan itu dengan selalu hadir di mesin pencari. (Jadi) kalau mereka searching tentang berkebun, cari bibit tanaman buah, toko (online) kami akan muncul,” kata Ceppy.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: bisnis produk hobimasa pandemiNiagahostertoko onlinewebsite
Previous Post

5 Tempat Wisata di Batam Yang Wajib Kamu Kunjungi

Next Post

SMKN 13 Depok Juara Free Fire Piala Pelajar 2020

Related Posts

Tips Menangkan Hati Pelanggan ala Toko MamaJA di Lazada
News

Tips Menangkan Hati Pelanggan ala Toko MamaJA di Lazada

4 September 2024
0
Uniqlo
News

Uniqlo Sukses Terapkan Strategi Penjualan Online di Masa Pandemi

29 Oktober 2022
0
Majoo
News

Majoo Ingin Dorong UMKM Perluas Pangsa Pasar Lewat Toko Online

4 Juli 2022
0
Load More
Next Post
SMKN 13 Depok Juara Free Fire Piala Pelajar 2020

SMKN 13 Depok Juara Free Fire Piala Pelajar 2020

Nicholas Saputra

Nicholas Saputra Jadi Duta Belajar Ruangguru

Mari Bersiap Menuju Society 5.0!

Mari Bersiap Menuju Society 5.0!

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version