Bisnis E-Commerce Jadi Penggerak Ekonomi

Teliti dalam membeli lewat online (Foto: istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Industri e-Commerce semakin menunjukkan perkembangan yang pesat di Indonesia. Bisnis daring ini diharap mampu menjadi penggerak ekonomi. Jika difasilitasi, bisnis yang mengandalkan jaringan internet ini bakal menopang pembangunan infrastruktur dalam negeri.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengaku bisnis e-commerce di Indonesia memiliki potensi besar di masa depan. “Value e-commerce sampai akhir tahun ini mencapai USD24 juta. Nanti di 2020 diperkirakan bisa USD130 juta,” kata Rosan Kamis (28/4/2016) di Jakarta.

Bisnis ini juga dipandang Rosan sebagai salah satu strategi yang bisa membuat pengusaha mengembangkan usaha mereka di tengah persaingan bebas antarnegara ASEAN.

“Kami yakin digital ekonomi bisa menjadi pilar ekonomi Indonesia. Tentu juga akan mengubah cara kita dalam berbisnis ke depan,” papar dia.

Namun juga, perlu dukungan pemerintah untuk memfasilitasi perkembangan bisnis online ini. Anggaran pembangunan yang terbatas membuat kontribusi bisnis e-commerce semakin besar dalam mendorong pembangunan.

“Pengusaha dan Kadin harus berani dan kompetitif hadapi persaingan bebas. Dengan negara sahabat kita juga harus bisa berkompetisi,” tegas Rosan.

 

STEVY WIDIA