Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Bisnis Game di Indonesia Potensial

13 April 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Bisnis Game di Indonesia Potensial

Joddy Hernady EVP Digital & Next Business Telkom, David Bangun CSO Telkom, Ririek Ardiansyah CEO Telkomsel, Siti Choiriana Direktur Consumer Service Telkom, Widi Nugroho CEO PT Metranet dalam acara Telkom Digisummit 2019. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Memasuki era Industri 4.0, negara-negara di dunia berlomba menggenjot industri digital sebagai salah satu industri berprospek cerah penyumbang perekonomian negara. Salah satu bisnis digital yang pesat bertumbuh adalah game.

Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun mengatakan, industri musik, video, dan gaming memiliki potensi besar untuk menyumbang perekonomian Indonesia lewat ekonomi digital.

“Untuk itu Telkom mengoptimalkan beberapa asset dan kapabilitasnya seperti big data dan jangkauan jaringan dan operasional yang bisa mendorong terbentuknya “user experience” terbaik dalam menikmati layanan-layanan digital,” papar David dalam acara Telkom DIGISUMMIT 2019, di Jakarta baru-baru ini.

Menurut David, sebagai perusahaan penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom Group terus berupaya menciptakan inovasi produk dan layanan demi beradaptasi dengan tren industri digital yang dinamis. Sejauh ini, Telkom memilih fokus untuk menggarap industri digital entertainment untuk sektor video dan game.

Baca juga :   Kick Avenue Fair, Produk Lokal Jadi Pusat Perhatian Masyarakat

Salah satu perwakilan MelOn (platform database musik dan aplikasi konten musik digital), Telkom Group, Chandra Thamrin mengatakan bisnis game di Indonesia sangat potensial.

“Telkom sudah fokus ke bisnis gim dari dulu. Namun, dari keuntungan bisnis game di Indonesia secara keseluruhan, hanya 19% penghasilan yang berasal dari developer lokal,” kata Chandra .

Bahkan, lanjutnya, hanya sebesar 0,4% dari seluruh pendapatan di industri tersebut yang bisa dinikmati oleh pengembang dalam negeri.

Angka tersebut dibenarkan oleh salah satu perwakilan Asosiasi Game Indonesia, Narendra Wicaksono. Dia mengatakan rendahnya angka yang diperoleh pengembang gim lokal tidak bersesuaian dengan kemampuan masyarakat yang bisa membuat banyak game berkualitas.

Baca juga :   Line Gandeng Kreator Lokal Untuk Stiker Edukasi Covid-19

Sementara itu, selaku atlet e-sports asal Indonesia, FF Audrey, mengatakan pihak pengembang game lokal harus lebih kreatif, terutama dari segi grafik dan ide.

Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan bahwa game lokal dapat bersaing di ranah internasional, karena sudah ada beberapa produk dalam negeri yang sukses di kancah global, yaitu game bergenre horor, Dreadout.

STEVY WIDIA

Tags: game lokalTelkom Digisummit 2019
Previous Post

Shopee Dorong Pemberdayaan Perempuan Melalui Ekonomi Digital

Next Post

Rayakan Pesta Demokrasi 2019 Dengan Gembira

Related Posts

Industri Game Lokal Baru Kuasai 0,5% Pasar di Indonesia
News

Industri Game Lokal Baru Kuasai 0,5% Pasar di Indonesia

8 Oktober 2024
0
game loka
News

Miris, Game Lokal Hanya Menguasai 0,5% Pasar Game di Indonesia

6 November 2022
0
WIR Soulcops
Headline

Soulcops dan WIR Group Hadirkan IP Lokal di Dunia Metaverse

10 Mei 2022
0
Load More
Next Post
Rayakan Pesta Demokrasi 2019 Dengan Gembira

Rayakan Pesta Demokrasi 2019 Dengan Gembira

Energi Listrik dari Gulma Air Kiambang

Energi Listrik dari Gulma Air Kiambang

TikTok Travel, Kolaborasi Tiktok dan Kemenpar Untuk Promosi Destinasi Terbaik Indonesia

TikTok Travel, Kolaborasi Tiktok dan Kemenpar Untuk Promosi Destinasi Terbaik Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version