Blanja.com Ditopang Sinergi BUMN

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (paling kanan) didampingi Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun (ketiga dari kiri) menjelaskan upaya TelkomGroup dalam mendorong kemajuan ekonomi digital Indonesia saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo (kedua dari kanan) bersama Menteri BUMN Rini M. Soemarno (ketiga dari kanan), Menko Perekonomian Darmin Nasution (paling kiri), dan Menteri Kominfo Rudiantara (kedua dari kiri), ke booth TelkomGroup di Indonesia Business & Development Expo 2017 di Hall A Jakarta Convention Center, Kamis (20/9).

youngster.id - Peta persaingan e-commerce semakin ketat. Yakin akan kesuksesan bisnis tersebut, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) lewat situs Blanja.com terus mengembangkan usaha melalui sinergi dengan berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Tahun ini kami akan memperkuat pasar lewat sinergi antar BUMN dan bakal banyak kerjasama yang kami lakukan dengan BUMN yang lain,” ucap Rieka Handayani, Digital Public Relation Manager, Blanja.com dalam keterangannya belum lama ini.

Bahkan e-commerce ini menetapkan dapat meraih keuntungan di akhir tahun ini. Tanpa merinci target bisnis tersebut, Rieka menyebut bila pihaknya saat ini tengah mengolah sumber penjual (seller) yang sudah bergabung dengan situs tersebut.

Ia berharap para merchant ini bisa memperluas pasar setelah ada kerjasama dari pihak Blanja.com dengan para BUMN sebagai tindak lanjut sinergi BUMN. Salah satu upaya adalah dengan mewajibkan UKM binaan BUMN yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) menjual produk di Blanja.com.

Setidaknya sudah ada 18 BUMN yang mempunyai RKB di sejumlah kabupaten dan kotamadya. Seperti RKB Himpunan Bank Milik Negara (Himpara), Pertamina, Antam, PLN, Jasa Raharja dan yang lainnya. “Mudah-mudahan RKB BUMN yang lain sudah bisa bergabung,” harapnya.

Saat ini, pihaknya mencatat sudah ada sekitar 30.000 mitra Blanja.com yang kebanyakan dari UKM yang bergabung. Blanja.com merupakan hasil kerjasama PT Telkom lewat anak usaha TelkomMetra dengan, e-Bay dengan komposisi saham sebanyak 60%:40%.

Selain dari UKM binaan BUMN, mitra Blanja.com juga berasal dari program internal yakni UKM Go Online dengan target bisa menjajakan produk ke pasar global lewat kerja bareng e-Bay.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version