youngster.id - Blanja.com mengadakan pelatihan pemasaran online kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) Papua selama Agustus hingga September 2017.
Pelatihan ini bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang menjadi salah satu upaya sinergi BUMN mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai “The Digital Energy of Asia”.
“Untuk memasuki dunia online, UKM tak hanya menyiapkan barang atau produk yang berkualitas, tetapi juga harus memiliki mental yang kuat untuk bisa bersaing. Sehingga tidak hanya menjadi seorang penjual online tetapi bisa menjadi pebisnis online,” kata Aulia E. Marinto, CEO Blanja.com dalam siaran tertulis, Senin (25/9/2017).
Aulia menjelaskan, semakin berkembangnya teknologi membuat para pelaku UKM harus mampu memanfaatkan kanal digital untuk merambah pasar yang lebih luas. Maka, Blanja.com tak hanya memfasilitasi, tapi juga mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya.
Setidaknya ada tiga kabupaten di Provinsi Papua yang sudah dijangkau dan difasilitasi toko online melalui platform Blanja.com. Ketiga kabupaten tersebut antara lain kabupaten Biak, Fak Fak, dan terakhir Jayapura. Dari ketiga daerah tersebut, kurang lebih ada 200 UKM lokal yang siap Go Online. Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lain di Indonesia.
Berbicara tentang UKM Papua, ternyata UKM Papua memiliki produk yang sangat beragam seperti berbagai aksesoris dan hiasan berbahan baku lokal, bahan makanan dan minuman, peralatan rumah tangga serta produk pertanian. Sedangkan untuk produk asal Papua yang paling banyak diminati oleh pelanggan di Blanja.com adalah produk kerajinan seperti tas yang terbuat dari kelapa atau kulit pohon.
Aulia lanjut menambahkan, saat ini Blanja.com sedang dalam menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik. Rencananya, UKM terbaik akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional.
Berbagai pelatihan dilakukan dengan melaksanakan pendampingan UKM di beberapa lokasi di Indonesia bersama Blanja.com. Para UKM binaan RKB Papua pun antusias ikut mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar bisa bersaing.
STEVY WIDIA
Discussion about this post