youngster.id - Laporan terbaru dari Google yang mengamati perubahan perilaku konsumen menunjukkan bahwa orang Indonesia ingin agar brand lebih memahami perubahan kebutuhan hidup mereka selama pandemi dan pentingnya berempati terhadap kekhawatiran konsumen di masa depan.
Laporan Year in Search 2020: Melihat ke belakang untuk memajukan bisnis Anda, merupakan laporan edisi ketiga yang mengungkapkan secara komprehensif berbagai tren yang terjadi di masyarakat dan di kalangan industri. Dalam laporan ini dibahas lima tema utama yang memengaruhi lanskap konsumen dan disertai pembahasan mendalam mengenai tujuh vertical industri utama.
“Tahun 2020 penuh dengan tantangan dan ketidakpastian bagi kita semua. Laporan ini memberikan insight mengenai tren yang tidak kami lihat dua tahun lalu ketika mulai menerbitkan laporan Year in Search untuk Brand,” ucap Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing di Google Indonesia saat jumpa pers dengan media yang disiarkan secara online Selasa (23/2/2021).
“Semua perubahan ini membuat konsumen beralih ke platform digital untuk menemukan jawaban dan informasi, guna membantu mereka melewati situasi yang baru pertama kali terjadi ini. Brand dan pemasar perlu mempelajari dan memahami insight terkait perilaku konsumen saat mereka merencanakan strategi dan campaign perusahaan. Kami harap, laporan terbaru ini dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh banyak brand di Indonesia untuk membangun kembali bisnis mereka di tahun 2021,” tambahnya.
Senada dengan Muriel, T. Martogi Siahaan, CEO Auto2000 mengatakan Pandemi Covid-19 memicu perubahan pelanggan yang cenderung bergeser dari offline ke online. Untuk menyesuaikan diri guna menjawab kebutuhan pelanggan, Auto2000 melakukan transformasi bisnis dengan meluncurkan Digiroom, di tengah merebaknya pandemi pada Maret lalu. Auto2000 Digiroom, kami sebut “The First Toyota Showroom in Your Pocket” karena merupakan platform ecommerce otomotif resmi pertama di Indonesia yang melayani pembelian dan purna jual kendaraan Toyota secara online dengan seamless O2O experience.
“Kami berterima kasih karena inisiasi Digiroom ini diapresiasi oleh pelanggan dengan peningkatan Google Search Trend selama 2020. Kedepannya, kami berkomitmen untuk terus memikirkan inovasi layanan, dan meningkatkan fitur Digiroom bagi para pelanggan agar dapat merasakan showroom Toyota di genggaman Anda,” ucap T. Martogi Siahaan, CEO Auto2000 terkait perubahan di sektor transportasi.
Mengomentari perubahan di sektor keuangan, Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition Service and Marketing Head di Bank BTPN, mengatakan Dengan COVID-19 yang mempercepat adopsi digital, semakin banyak orang mencari informasi di internet dan beralih ke ruang digital, khususnya di industri layanan keuangan.
“Dengan Search, kami menggunakan penargetan akurat untuk berkomunikasi dengan calon pengguna yang mencari informasi terkait Jenius dan layanan perbankan lainnya. Hasilnya, kami mencapai posisi brand yang lebih tinggi pada kuartal demi kuartal dan pangsa suara (SOV) yang lebih tinggi di kategori perbankan. Google Search telah menjadi solusi bagi kami, sebagai pemasar, yang tidak dapat ditinggalkan dari bagian strategi pemasaran kami,” paparnya.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post