BRI Bank Terbaik 2016

BRI terpilih sebagai Best Bank in Indonesia 2016 dalam ajang Worlds Best Emerging Markets Banks in Asia Pacific 2016. (foto/ilustrasi)

youngster.id - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI terpilih sebagai Best Bank in Indonesia 2016. Penghargaan dalam ajang Worlds Best Emerging Markets Banks in Asia Pacific 2016, yang dilakukan Global Finance.

“Hingga saat ini, Bank-bank di seluruh dunia masih terus menghadapi berbagai macam tantangan, di antaranya risiko geopolitik, kondisi ekonomi dan pasar yang tidak menentu serta rezim kebijakan yang berubah-ubah. Kami menghormati bank-bank yang unggul dalam menyikapi kebutuhan nasabah, dan menunjukkan komitmen tinggi terhadap pasar di mana mereka beroperasi, terlepas dari kondisi ketidak pastian yang tengah mereka hadapi,” ujar Joseph D Giarraputo, penerbit sekaligus direktur editorial Global Finance dalam siaran pers, Kamis (31/3/2016).

Global Finance merupakan salah satu media terkemuka di dunia dengan pembahasan isu-isu seputar aktivitas keuangan internasional. Media yang berbasis di New York, Amerika Serikat ini melakukan penilaian dengan melibatkan juri yang berlatar belakang sebagai analis industri, eksekutif perusahan dan konsultan perbankan dalam menentukan pemenang tingkat regional dan tingkat domestik di 25 negara kawasan Asia Pasifik.

Selain melibatkan juri yang kompeten di bidangnya, penilaian juga dilakukan melalui polling untuk memastikan hasil yang lebih akurat dan terpercaya dengan beberapa indikator meliputi, tingkat pertumbuhan aset dan laba, hubungan strategis, pelayanan, penawaran yang kompetitif, serta inovasi produk.

Para pemenang dalam ajang pemilihan tersebut akan mendapatkan kehormatan dalam sebuah seremoni penghargaan Global Finances Worlds Best Banks 2016 Awards Ceremony, yang akan berlangsung saat pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) atau World Bank pada 8 Oktober mendatang di The National Press Club, Washington DC, Amerika Serikat.

Hari Siaga,Corporate Secretary Bank BRI, mengatakan, hasil penilaian dalam pemilihan Worlds Best Emerging Markets Banks in Asia Pacific 2016 tersebut menunjukkan, daya saing Bank BRI terus meningkat dari tahun ke tahun. “Selama 5 tahun terakhir ini, kinerja Bank BRI tumbuh sehat dan berkesinambungan, dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) atau rata-rata pertumbuhan tahunan sebanyak double digit di atas 10% sejak tahun 2011,” ujarnya.

Secara umum, kinerja Bank BRI dalam kurun waktu 5 tahun yang berakhir pada Desember 2015, laba bersih tercatat sebesar Rp25,2 triliun, dengan rata-rata pertumbuhan tahunan sebanyak 13,7%. aset berada di posisi Rp846,0 triliun, atau tumbuh rata-rata 16,7% per tahun. Di mana lebih dari 85% nya merupakan asset produktif.

Kemudian dari sisi funding, dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun tumbuh sebesar 14,6% per tahun, dengan posisi terakhir mencapai 642,8 triliun serta rasio current account saving account (CASA) atau dana murah yang juga terus meningkat. Sementara itu, total kredit yang sudah disalurkan mencapai Rp558,4 triliun atau tumbuh rata-rata 18,5% per tahun, di mana kenaikan penyaluran kredit terjadi di semua segmen bisnis.

Hari mengatakan, penghargaan yang diterima BRI bukan kali ini. Sepanjang 2015, BRI telah menerima banyak penghargaan bergengsi. Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi dari berbagai pihak atas kinerja positif BRI. Di antaranya, dari The Asian Banker berupa Best Microfinance Business 2015; The Best Domestic Bank in Indonesia 2015 dari penghargaan Asiamoney Award 2015; serta Bank of The Year 2015 Indonesia dari The Banker London.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version