youngster.id - BRI Ventures (BVI) melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara berinvestasi pada pengembang brand minuman lokal PT Inspirasi Bisnis Nusantara yang dikenal lewat brand Haus!. Pendanaan putaran seri A yang mencapai Rp30 miliar, sekaligus menjadi debut kucuran dana Sembrani ke startup.
“Dengan pendanaan seri A ini, kami mendukung UMKM naik kelas untuk skalabilitas yang lebih besar dan melaksanakan ekspansinya ke luar Jabodetabek Segmen B2C untuk kategori ini masih sangat luas dan kami berharap untuk membuka ruang kolaborasi dengan ekosistem yang terpadu,” kata Nicko Widjaja CEO BVI dalam keterangannya, Jumat (4/12/2020).
Ini merupakan langkah investasi perdana BVI diluar bisnis fintech dan teknologi. Turut disampaikan, BVI tengah merampungkan beberapa investasi lainnya lewat dana kelolaan baru tersebut, akan diumumkan dalam waktu dekat. Nicko menegaskan, tujuan Sembrani Nusantara untuk menemukan dan membina startup lokal dalam rangka menumbuhkan ekosistem UMKM yang berkelanjutan.
Sejak didirikan tahun 2018 oleh Gufron Syarif, saat ini Haus! sudah memiliki 113 cabang outlet di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Segmentasi pasarnya adalah Gen-Z dan milenial, menawarkan aneka minuman dan roti dengan harga yang relatif terjangkau.
Gufron Syarif mengatakan, fokus mereka saat ini membawa bisnis masuk ke segmen masyarakat yang lebih luas, dengan tetap mengedepankan produk berharga terjangkau dengan kualitas yang baik.
“Kami memiliki strategi berbeda dengan brand high end yang ada di pasaran sekarang. Kami percaya bahwa menjual produk minuman dan makanan dengan harga yang terjangkau dapat menarik lebih banyak konsumen di Indonesia. Dari aspek customer experience pun kami desain sedemikian rupa sehingga kunjungan ke outlet kami menjadi nyaman bagi segala golongan masyarakat,” kata Gufron.
Saat ini, Haus! sudah memiliki 113 cabang outlet di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung.
STEVY WIDIA