BRIsat Berhasil Diluncurkan

Bank BRI eluncurkan BRIsat. (dok.BRI/Youngsters.id)

youngster.id - Satelit milik Bank Rakyat Indonesia yang bernama BRIsat berhasil diluncurkan dari Kourou, Guyana, Perancis. BRIsat ini merupakan satu-satunya satelit di dunia yang dimiliki oleh bank.

BRIsat ini diluncurkan oleh perusahaan peluncur satelit dunia milik Perancis, Arianespace setelah sempat ditunda beberapa kali.

Wakil Direktur BRI Sunarso bersyukur BRIsat ini akhirnya dapat meluncur menuju orbit. Sunarso pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu peluncuran BRisat ini.

“Alhamdulillah pada akhirnya BRIsat berhasil diluncurkan, kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen BRI dan masyarakat yang telah mendoakan atas peluncuran BRsat ini,” kata Sunarso Minggu (19/6/2016) di Jakarta.

Peluncuran BRIsat menggunakan roket Ariane 5 dengan kapasitas angkut 10 ton untuk dual launch atau dual satelite. Sebelum diluncurkan, secara teknis tim Arianespace memastikan standar pemberangkatan roket, yakni teknis satelit, kapasitas baterai, dan kesiapan tracking station untuk beroperasi. Sedangkan faktor alam, kondisi angin dan petir di sekitar launch pad juga perlu diperhatikan.

Baca juga :   BRIsat, Satelit Pertama Milik Bank di Dunia

BRIsat memiliki 45 transponder C-band dengan bandwidth 36 MHz dan 9 transponder KU-band dengan bandwidth 72 MHz. BRIsat akan ditempatkan di orbit 150,5 derajat Bujur Timur. Sebelum dijadikan tempat BRIsat, orbit ini digunakan Indosat.

Masa uji coba pengoperasian BRIsat ialah paling lama 60 setelah peluncuran. BRIsat memiliki masa pemakaian selama 17,5 tahun. Untuk membeli BRIsat, BRI mengeluarkan uang sebesar sekitar Rp3 triliun. Tujuan dari peluncuran satelit ini yakni untuk kemudahan konektivitas antar nasabah dan memenuhi pelayanan bank hingga ke wilayah pelosok seluruh Indonesia.

STEVY WIDIA