British Council dan HijUp Promosikan Busana Muslim di London Fashion Week 2016

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – British Council bekerjasama dengan e-commerce fesyen muslim HijUp.com untuk mempromosikan busana muslim (modest wear) di Inggris. Kerjasama dilakukan dengan memberangkatkan lima desainer asal Indonesia ke pekan mode ternama di Inggris, yakni London Fashion Week 2016.

Pihak British Council, melalui siaran pers-nya (12/2/2016), menyebutkan bahwa para desainer yang diberangkatkan adalah: Dian Pelangi, Restu Anggraini, Jenahara, dan Zaskia Sungkar akan diberangkatkan untuk mengikuti International Fashion Showcase. Sementara, Vivi Zubedi akan hadir sebagai perwakilan tenant dari HijUp.com.

“Kerjasama dengan HijUp.com merupakan bagian dari upaya British Council untuk mengembangkan kolaborasi antara masyarakat Indonesia dan Inggris melalui platform digital,” ujar Adam Pushkin, Direktur Kesenian dan Industri Kreatif British Council Indonesia.

Keempat desainer itu disebutkan akan mengusung tema Modest Cosmopolist yang mewakili empat elemen termasuk api, air, udara, dan cahaya. Modest Cosmopolist itu sendiri mengedepankan filosofi bahwa untuk tumbuh, manusia harus kembali ke akar budaya sehingga menghasilkan keseimbangan antara gaya sederhana dan avant-garde.

“Saya merasa bangga dengan keterlibatan desainer busana modest wear asal Indonesia dalam ajang bergengsi London Fashion Week, hal ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus memperdalam kolaborasi kreatif di bidang fashion antara Indonesia dan Inggris”, kata Pushkin.

Sementara itu, Diajeng Lestari, Chief Executive Officer HijUp.com mengatakan, industri kreatif harus mendorong fesyen busana muslim menjadi go international. Seharusnya para desainer muda Indonesia menjadi player ketimbang menjadi market busana muslim.

“Dengan mengikuti ajang akbar London Fashion Week 2016, kami ingin menunjukkan melalui fesyen, bahwa nilai-nilai Islam adalah keindahan, kreativitas dan kedamaian yang akan dipresentasikan oleh desainer-desainer fesyen muslim Indonesia,” kata Diajeng.

Menurut Diajeng, keikutsertaan HijUp.com dalam ajang International Fashion Showcase merupakan salah satu upayanya untuk memperkenalkan dan menunjukkan karya-karya desainer muda muslim Indonesia kepada dunia.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh langkah HijUp.com dalam memajukan fesyen muslim Indonesia di dunia internasional.

“Saya ucapkan selamat berpartisipasi dalam International Fashion Showcase 2016 kepada HijUp.com disertai harapan semoga berhasil dan dapat menjadi duta bangsa yang meningkatkan citra positif Indonesia di mata masyarakat Inggris khususnya dan di Erpa umumnya,” kata Triawan.

 

ANGGIE AJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA